Tak Banyak Diketahui, Ini Lima Manfaat Sayur Sawi Putih Bagi Kesehatan

PEKANBARU (Harianterkini.id) – Seperti sawi hijau, sayur sawi putih bermanfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi dengan rutin. Sayuran yang seringkali disebut sebagai pak choi memiliki kandungan serat, vitamin dan mineral, dan karbohidrat.

Seperti dikutip dari laman Better Heart Channel, Sabtu (3/6/23), sawi putih bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

1. Kurangi Resiko Penyakit Jantung

Kandungan mineral seperti kalium dikenal mempunyai manfaat untuk menurunkan tekanan darah sehingga dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Ada pula kandungan lainnya pada sawi putih seperti vitamin C, folat, serta vitamin B2 yang juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Perlu pula diketahui apabila risiko penyakit jantung bisa meningkat ketika Anda kurang asupan kalium.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Selama ini mungkin sebagian dari Anda hanya mengetahui bahwa jenis mineral seperti kalsium saja yang bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Pada sawi putih, ada pula kandungan lainnya seperti zat besi, fosfor, zinc, dan vitamin K untuk memelihara struktur serta kekuatan tulang.

Tidak hanya itu saja, vitamin K juga mempunyai manfaat atau khasiat untuk menjaga keseimbangan kalsium dalam tulang. Maka dari itu, vitamin K juga mempunyai khasiat untuk membantu mengurangi risiko patah tulang.

3. Turunkan Tekanan Darah

Ada beberapa jenis mineral yang terkandung di dalam sawi putih atau bok choy. Jenis mineral tersebut adalah kalium, kalsium, serta magnesium.

Kandungan mineral ini menjadikan sawi putih mempunyai manfaat untuk menurunkan tekanan darah secara alami. Selain itu, Anda yang mengalami hipertensi juga perlu meningkatkan asupan kalium apabila asupan natrium tergolong tinggi.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Penderita diabetes tidak bisa sembarangan dalam mengonsumsi makanan termasuk sayuran dan buah. Maka dari itu, Anda bisa menjadikan sawi putih sebagai pilihan karena termasuk dalam jenis sayuran tanpa tepung.

Sawi putih atau pak choi ini mempunyai pengaruh yang tergolong rendah terhadap gula darah. Pada 1 cup sawi putih, kandungan glikemiknya adalah 1.

Selain itu, vitamin C, zinc, vitamin B1, dan mineral merupakan kandungan lain dalam sawi putih yang juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

5. Menjaga Kesehatan Ginjal

Sebagian besar sayuran mengandung kalium dalam jumlah tinggi. Padahal, penderita penyakit ginjal umumnya disarankan untuk membatasi makanan tinggi kalium karena dapat memengaruhi keseimbangan cairan tubuh.

Kabar baiknya, sawi putih adalah salah satu sayuran dengan kandungan kalium terendah.

Dalam 100 gram sawi putih mengandung 95 mg kalium, atau hanya sekitar 2% dari kebutuhan kalium harian. Jumlah ini bah

About Author