Dispora Riau Seleksi 192 Atlet untuk Popnas

PEKANBARU (Harianterkini.id) – Pekan OIahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2023 akan dilaksanakan di Palembang, Sumatera Selatan pada September mendatangkan. Dinas Kepemudaan dan OIahraga (Dispora) Riau selaku penanggung jawab pembentukan Kontingen Riau melakukan persiapan dengan menggelar seleksi atlet.

Sebanyak 192 atlet ikut seleksi ini. Namun, seleksi ini hanya untuk empat cabang (cabor) yakni atletik, panahan, bola voli, dan basket.

‘’Kami hanya menyeleksi empat cabor ini karena cabor lainnya sudah menyeleksi atlet masing-masing dan ada juga hasil pantauan Popda lalu,” ujar Kepala Dinas Kepemudaaan dan Olahraga (Kadispora) Riau, Boby Rachmat.

Lebih lanjut Boby mengatakan hasil seleksi ini akan diumumkan nama-namanya pekan depan. ‘’Seleksi sudah selesaikan. Senin (12/6/2023) pekan depan akan ada nama-nama yang lolos mewakili Riau ke Popnas nantinya,” ujar Boby.

Hingga saat ini, Dispora Riau masih menunggu laporan hasil seleksi dari jajaran pelatih empat cabor yang menggelar seleksi. “Baru cabor panahan yang sudah masuk laporannya. Yang lain belum dan masih kami tunggu,” ujarnya.

Seleksi atletik diikuti 72 atlet di venue atletik Rumbai. Kuota yang tersedia hanya untuk 8 atlet putra dan 8 atlet putri. Sedangkan Basket di GOR Tribuana diikuti 42 atlet dan pelatih hanya mencari 12 pemain untuk tim putra.

Untuk bola voli, peserta seleksi di Gelanggang Remaja Pekanbaru diikuti 34 orang dan pelatih hanya menjaring 12 atlet untuk membentuk tim putri. Sedangkan panahan, seleksi digelar di venue panahan Kampus UIR dan diikuti sebanyak 44 atlet. Untuk Popnas 2023, pelatih menjaring tujuh atlet putra dan tujuh atlet putri.

Pada Popnas 2023, Riau akan mengikuti 20 cabor dari 22 yang dipertandingkan yakni atletik, angkat besi, balap sepeda, basket, bolavoli indoor, bulutangkis, dayung, judo, karate, kempo, menembak, panahan, panjat tebing, pencak silat, renang, senam, sepaktakraw, sepakbola, taekwondo, tenis lapangan, tinju, dan wushu.

About Author