Sukseskan Piala Dunia U-17, Bandara Soetta Pasang Puluhan Autogate

TANGERANG (Harianterkini.id) – Bandara Soekarno Hatta (Soetta) bakal difasilitasi 50 autogate atau alat pemeriksaan Keimigrasian baru. Tujuannya, mempermudah pelayanan juga untuk menyukseskan ajang Piala Dunia U-17.

Sebagai informasi, Indonesia didaulat sebagai tuan rumah oleh FIFA untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17.

“Kami siap (Piala Dunia, Red). Jadi saat ini diresmikan 24 unit dan kami akan tambah lagi menjadi 50 unit termasuk dua untuk disabilitas,” ucap Silmy Karim, Dirjen Imigrasi Kemenkumham, Senin (2/10).

Menurut Dirjen Imigrasi Kemenkumham, pihaknya menargetkan terpasang 50 autogate sudah terpasang seluruhnya pada Desember 2023 mendatang. Karena, untuk bisa dipakai dalam ajang Piala Dunia Imigrasi memerlukan waktu dalam proses instalasi.

Dirjen Imigrasi Kemenkumham mengatakan, ketika nanti sudah ada 50 autogate, selain untuk pelayanan warga negara Indonesia yang akan keluar/masuk dari luar negeri juga untuk warga asing. Sementara saat ini sampai jumlahnya datang dan terinstall itu dibatasi untuk warga negara Indonesia dahulu.

“Nantinya warga asing pun bisa (pelayanan autogate, Red). Sama seperti Qatar ataupun Singapura. Jadi kami enggak mau kalah dalam konteks bersaing secara baik dengan negara lain,” tuturnya.

“Saya rasa kami berlomba-lomba dengan mereka dalam memberikan pelayanan. Kami juga sudah berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura II untuk merenovasi interior Imigrasi agar memberikan image dunia internasional bahwa Indonesia itu negara yang diperhitungkan, yang baik dan maju,” lanjut Dirjen Imigrasi Kemenkumham.

Piala Dunia U-17 atau FIFA U-17 World Cup akan berlangsung pada periode 10 November-2 Desember 2023.

Daftar negara atau partisipan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia adalah Argentina, Brasil, Burkina Faso, Kanada, Ekuador, Inggris, Prancis dan Jerman. Lalu ada tuan rumah Timnas Indonesia, Iran, Jepang, Korsel, Mali serta Meksiko. Selain itu ada juga Maroko, Kaledonia Baru, Selandia Baru, Panama, Polandia, Senegal, Spanyol, AS Uzbekistan dan Venezuela.

About Author