Toyota Alphard Pamerkan Desain Eksterior yang Mencolok dan Mewah di GIIAS Semarang

SEMARANG (Harianterkini.id) – New Alphard menghadapi tantangan aerodinamika dengan upaya mengurangi kebisingan dari permukaan jalan dan gerakan mobil akibat angin. Upaya ini mencakup penggunaan ban berkebisingan rendah dan penambahan material peredam suara tambahan di ruang mesin. Toyota juga telah mengoptimalkan bentuk kap mesin, kaca spion, dan pilar A, serta menambahkan sirip-sirip pada berbagai sudut untuk memastikan aliran udara yang lebih mulus. Hal ini menciptakan interior yang sangat tenang.

Untuk mengatasi gerakan naik-turun roda depan dan belakang saat mengemudi di jalan pegunungan, kendaraan dilengkapi dengan Body Pitching Control yang membuat pergerakan kendaraan menjadi lebih halus dan tenang. Sedangkan fitur Side-Vehicle Stability Control (S-VSC) mengatasi dampak angin kencang yang dapat mendorong kendaraan keluar dari lajur dengan mengatur tekanan rem yang berbeda pada bagian depan dan belakang kendaraan.

Wakil Presiden PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto menjelaskan desain eksterior Toyota Alphard menjadi salah satu faktor penarik utamanya sejak diperkenalkan. Meskipun memiliki bentuk kubus yang khas untuk sebuah MPV besar, desainnya justru memberikan tampilan yang mencolok dan mengonfirmasi status sosial pemiliknya. Dengan tema desain ‘Forceful x IMPACT LUXURY’ pada All New Alphard, mobil ini menggambarkan kehadiran yang kuat dan kokoh. Dari bagian depan hingga bagian belakang, penampilan sampingnya menghadirkan elemen dinamis yang tak teratur, menunjukkan kesan kekuatan yang diusungnya,” kata

“Salah satu daya tarik utama Toyota Alphard sejak diperkenalkan adalah desain eksteriornya yang mencolok untuk sebuah MPV besar. Desain kubusnya tidak mengurangi daya tariknya tetapi justru menegaskan status sosial pemiliknya. Dengan tema desain eksterior ‘Forceful x IMPACT LUXURY,’ All New Alphard menggambarkan kehadiran yang kuat dan kokoh. Dari depan hingga belakang, tampilan sampingnya memiliki ketidakteraturan dinamis yang memancarkan kekuatan,” ujar Henry Tanoto, Wakil Presiden PT Toyota-Astra Motor (TAM)” ujar Henry

Baca Juga:  Pemkot Semarang Berencana Buat Blue Print Saluran Air dan Tata Kota

Untuk memberikan ruang kabin yang lebih luas, dimensi All New Alphard telah mengalami perubahan, dengan peningkatan panjang 50 mm dan penurunan tinggi 10 mm. Ini membuatnya lebih stabil dan memberikan lebih banyak ruang untuk penumpang. Jarak antara sandaran kursi untuk semua baris juga diperbesar, memberikan lebih banyak ruang kaki bagi penumpang. Kursi baris pertama dan baris kedua juga memiliki jarak yang lebih besar, meningkatkan kenyamanan.

Selain itu, beberapa fitur khusus juga ditambahkan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang, termasuk langkah-langkah universal pada pintu geser untuk memudahkan akses bagi anak-anak dan orang tua.

Selama perjalanan, penumpang di kursi tengah dan belakang dapat menikmati atmosfer kabin yang tenang dan nyaman. All New Alphard dilengkapi dengan pencahayaan ambient dan sistem hiburan di belakang, yang mencakup layar Rear Seat Entertainment (RSE) 14 inci untuk setiap baris kursi. Selain itu, terdapat moonroof yang memanjang ke belakang di bagian tengah atap dan dilengkapi dengan sunshade untuk memberikan kenyamanan pribadi bagi setiap penumpang.

Kenyamanan kursi tengah menjadi prioritas dalam pengembangan kendaraan ini, sehingga dapat digunakan sebagai kantor bergerak atau ruang pribadi yang sangat nyaman. Jok telah didesain ulang untuk memenuhi kebutuhan di atas. Detail-detail lainnya, seperti penyangga bingkai jok, bantalan busa dengan peredam getaran rendah, dan bantalan karet anti-getaran, semuanya dirancang untuk mengurangi getaran dan kebisingan yang dapat dirasakan oleh penumpang.

Baca Juga:  Sebelum Terjaring OTT, Kadinkes Kampar Coba Suap Polisi

All New Alphard yang diperkenalkan di GIIAS 2023 tersedia dalam empat pilihan tipe: 2.5 X, 2.5 G, dan 2.5 HV, masing-masing menawarkan berbagai fitur dan opsi. Semua tipe dilengkapi dengan panel instrumen berukuran 12,3 inci, Head-Up Display (HUD), monitor audio berukuran 14 inci di tengah dashboard, pengisian daya nirkabel, serta tombol-tombol elektronik di kemudi. Beberapa fitur tambahan meliputi pintu belakang otomatis dengan perintah suara dan perekam video digital sebagai kamera dashboard yang dapat terhubung ke smartphone. Tipe 2.5 HV juga dilengkapi dengan paddle shift, remote control mirip smartphone yang dapat dilepas, jok kulit asli, serta fitur pijat. Tipe 2.5 G dan 2.5 HV memiliki kursi-kursi captain dengan sandaran kepala besar dan pengaturan listrik, sedangkan kursi tipe 2.5 G dilapisi dengan kulit sintetis.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM), menjelaskan, “PT Toyota-Astra Motor (TAM) menargetkan setidaknya 30% kendaraan elektrifikasi (xEV) dalam produknya pada tahun 2030. Salah satu langkah strategis adalah melengkapi jajaran kendaraan ramah lingkungan Toyota dengan All New Alphard 2.5 HV yang menggunakan mesin hibrida berkode A25A-FXS 2.487 cc 4-silinder, dengan daya 140 kW pada 6.000 rpm dan torsi 239 Nm pada 4.300-4.500 rpm. Mesin ini dirancang untuk mengurangi ukuran dan berat, serta meningkatkan efisiensinya, sehingga menghasilkan tenaga yang kuat sambil tetap hemat bahan bakar. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi CVT yang memberikan perpindahan gigi yang mulus dan responsif ke roda depan.” Tipe 2.5 X dan 2.5 G dilengkapi dengan mesin berbahan bakar bensin berkode 2AR-FE 2.494 cc 4-silinder yang menghasilkan tenaga 134 kW pada 6.000 rpm dan torsi 235 Nm pada 4.100 rpm, yang juga dipasangkan dengan transmisi CVT.

Baca Juga:  Wali Kota Semarang Yakin Duta Genre Jadi Kunci Indonesia Emas 2045

Ada hanya dua pilihan warna eksterior untuk All New Alphard, yaitu Platinum White Pearl dan Black, sedangkan pilihan warna interior meliputi warna hitam untuk semua tipe.

Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 adalah paket keselamatan aktif yang hadir untuk melindungi pengemudi dan membantu mencegah kecelakaan. Ini mencakup beragam fitur, seperti sistem pencegahan tabrakan (PCS) untuk mencegah tabrakan dari belakang, kontrol kecepatan cruise radar dinamis (DRCC) untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan di jalan tol, assisten keberangkatan jalur (LDA) untuk mencegah mobil keluar dari jalur, Lane Tracing Assist (LTA) untuk menjaga mobil agar tetap di tengah jalur, Adaptive High Beam (AHB) yang mengontrol lampu jauh secara otomatis, serta Driver Monitoring System (DMS) yang memantau pengemudi agar tetap waspada saat mengemudi.

About Author