JAKARTA (Harianterkini.id) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memastikan akan melakukan reshuffle kabinet dalam waktu dekat. Jokowi bahkan memberikan sinyal jika menteri yang akan diangkat nanti berasal dari partai politik di luar koalisi.

Jokowi sempat mengangguk saat ditanya soal peluang Demokrat yang akan masuk dalam kabinetnya. Namun dia tidak memberikan jawaban yang pasti.

“Mungkin (reshuffle) minggu ini. Baru disiapkan. Pos (yang terdampak reshuffle) menteri pertanian,” kata Jokowi usai peresmian Investor Daily Summit 2023 di Plataran, Jakarta, Selasa (24/10).

Dia mengatakan posisi menteri pertanian nanti akan diisi oleh sosok baru. Sebab sebelumnya jabatan menteri pertanian diisi oleh politikus Partai NasDem Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang mundur usai menjadi tersangka di KPK.

Jokowi juga sempat menyinggung pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Senin (23/10). Namun Jokowi menyebut pertemuan itu adalah hal yang biasa.

Dalam pertemuannya, Jokowi dan AHY membahas sejumlah topik. Namun Jokowi enggan mengungkapnya kepada media. “Hal-hal yang biasa saja. Kita bicarakan ketemu dengan partai,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menerima kunjungan AHY di Istana, Senin (23/10/2023) kemarin. Namun, kedatangan AHY tidak terpantau oleh media saat datang ke Istana. Rombongan AHY baru terpantau pada Senin malam saat keluar dari Istana.

Komunikasi intens ini terjadi setelah AHY dan Demokrat memutuskan untuk bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) pada Pilpres 2024. KIM sendiri telah resmi mendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan capres-cawapres pada Pilpres 2024.

About Author