Harmoni Ragam Budaya di Pasar Senggol Grand Candi Hotel Semarang

SEMARANG (Harianterkini.id) – Pasar Senggol merupakan Pasar Senggol merupakan festival yang hadir pada akhir pekan di minggu terakhir setiap bulannya. Merupakan acara yang diinisiasi oleh Grand Candi Hotel Semarang.

Pasar Senggol bulan Oktober memiliki tema “Harmoni Ragam Budaya”, karena tak hanya mengangkat budaya Indonesia, namun juga terdapat budaya pop culture Jepang dan Korea yang berpadu dalam satu festival.

Berkolaborasi dengan Brainskill, acara dibuka dengan berbagai lomba-lomba anak yang sarat akan kebudayaan Indoensia seperti lomba mewarnai dan lomba menyanyi lagu daerah. Para peserta lomba yang merupakan anak-anak mempertunjukkan penampilan mereka dengan antusias. Dibuktikan dengan pembawaan mereka yang penuh dengan semangat ketika tampil membawakan lagu daerah.

Perbedaan dengan bulan-bulan sebelumnya, Pasar senggol kali ini juga berkolaborasi dengan Oraenmaniya yang merupakan komunitas pecinta Pop Culture Jepang dan Korea di Kota Semarang.

Public Relations Grand Candi Hotel, Adrian Reynald menjelaskan bahwa tujuan dari Pasar Senggol di bulan ini bukan hanya sebagai tempat rekreasi dan lomba anak-anak semata, namun juga wadah untuk berkumpulnya berbagai komunitas yang ingin menampilkan keahlian dan bakatnya, salah satunya dari Oraenmaniya yang merupakan komunitas pecinta pop Culture Jepang dan Korea.

Berbagai pertunjukan menarik dibawakan oleh anggota komunitas Oraenmaniya, salah satunya fashion show cosplayer yang mengenakan berbagai kostum dari berbagai karakter anime jepang, karakter komik korea dan pakaian tentara dari berbagai negara.

Selain itu, acara ini turut dimeriahkan dengan penampilan spesial dari Sanggar Zaluna yang membawakan beberapa modern dance dan penampilan DJ dari Doubleslash yang merupakan komunitas DJ yang memiliki ciri khas membawakan lagu bertema jepang.

Acara yang mendapat sambutan baik dari komunitas Oraenmaniya dibuktikan dengan lebih dari 300 orang hadir, Vicky sebagai pengurus Oraenmaniya mengatakan “Pasar senggol seru banget, kami sangat senang bisa ikut berpartisipasi dalam festival pasar senggol di Grand Candi Hotel, karena sudah memberi wadah untuk kami berekspresi dengan berbagai kegiatan seperti fashion show cosplay dan random play dance, harapannya semoga Pasar Senggol dan Oraenmaniya bisa berkolaborasi lagi kedepannya dan semakin besar bersama”.

Festival ini diakhiri dengan Noraebang atau karaoke bersama seluruh fandom idol kpop yang menyanyikan berbagai lagu k-pop. Noraebang di Pasar Senggol semakin menarik karena banyak fandom yang totalitas saat datang ke acara ini. Mulai dari pemilihan outfit hingga membawa properti lightstick, mereka bergaya seolah-olah sedang bersiap datang ke konser idol mereka.

Selain itu, Pasar Senggol menjadi rumah bagi produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Grand Candi membuka kesempatan bagi pelaku UMKM untuk menjajakan produk mereka di Pasar Senggol. Seperti berbagai macam asesoris, boneka, gantungan kunci telur gulung, dessert box, cookies dan masih banyak lagi lainnya.

Public Relations Grand Candi Hotel, Adrian Reynald menjelaskan harapanya Pasar Senggol terus hadir untuk masyarakat Semarang dengan kegiatan-kegiatan yang menghibur dan positif. Pasar Senggol juga menjadi perkenalan untuk masyarakat Semarang untuk Grand Candi Hotel Semarang, bahwa untuk wisata kebudayaan dan kuliner di hotel bintang lima itu tidak harus menguras dompet.

About Author