Kemensos Sebut Penyaluran Bansos Keluarga Harapan Capai 98 Persen

JAKARTA (Harianterkini.id) – Kementerian Sosial (Kemensos) menyebut penyaluran bantuan sosial (bansos) program keluarga harapan (PKH) telah mencapai 98,20 persen hingga 7 November 2023.

“PKH, sukses salur terdata sebanyak 98,20 persen dari target Rp28,70 triliun. Transaksi sejumlah 97,30 persen,” ujar Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, Selasa (7/11).

Meski demikian, Mensos Risma menyebut, masih ada di antara penerima manfaat yang belum mengambil bantuan tersebut di rekeningnya. Ketidaktahuan penerima manfaat terkait dengan telah masuknya saldo bantuan tersebut menjadi salah satu alasan.

Termasuk kendala jarak dan kesehatan dari penerima manfaat. Adapun jumlah penerima manfaat yang belum bertransaksi sebanyak 0,9 persen dari total bansos PKH yang tersalur.

“Untuk meningkatkan transaksi, Kemensos meminta para pendamping di lapangan agar membantu para KPM. Mengatasi kesulitan bertransaksi,” jelas Mensos Risma.

Ia menekankan kondisi itu tak berlaku pada penyaluran melalui PT Pos Iondonesia, sebab diketahui penyaluran diantarkan langsung kepada penerima manfaat.

About Author