Jaksa Agung: PERSAJA Dukung Kejaksaan dalam Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas Tahun 2045

SEMARANG (Harianterkini.id) – Pada Munas PERSAJA 2024, yang diadakan di Aston Sentul Resort & Conference Centre, Bogor, pada Senin, 08 Januari 2024, Jaksa Agung membuka acara dan memberikan arahan dengan tema “PERSAJA Mendukung Kejaksaan dalam Melaksanakan Transformasi Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas 2045”.

Jaksa Agung menjelaskan bahwa tema tersebut sejalan dengan pembahasan Rakernas Kejaksaan RI. PERSAJA dianggap sebagai organisasi yang mendukung Kejaksaan dalam mencapai program kerja strategis 2024. Jaksa Agung berharap PERSAJA terus mendukung Kejaksaan dalam melaksanakan tugas penegakan hukum, terutama terkait isu-isu strategis dan arah kebijakan nasional dalam RPJMN menuju Indonesia Emas 2045.

“Untuk itu, saya mengharapkan agar PERSAJA senantiasa dapat mendukung Kejaksaan dalam melaksanakan tugas dan fungsi penegakan hukum khususnya dalam menghadapi isu-isu strategis dan terbaru yang terkait dengan arah kebijakan nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJMN) menuju Indonesia Emas 2045,” imbuh Jaksa Agung.

Selain itu, Jaksa Agung mengingatkan PERSAJA untuk mendukung Kejaksaan menghadapi ancaman dan tantangan di era yang semakin kompleks ini. PERSAJA diharapkan memberikan advokasi yang selektif sesuai dengan peraturan perundang-undangan, khususnya dalam melibatkan Jaksa yang melanggar hukum pidana.

“Jika memang oknum tersebut melanggar ketentuan pidana, tidak perlu diadvokasi. Hal ini sebagai bentuk pelaksanaan kebijakan tanpa toleransi (zero tolerance policy) yang kini kita galakkan demi memperbaiki Marwah dan citra Kejaksaan,” tegas Jaksa Agung.

Jaksa Agung juga menekankan pentingnya citra Jaksa sebagai bagian dari ASN, yang dapat mempengaruhi kepatuhan masyarakat terhadap penegakan hukum. Di tengah era digitalisasi, Jaksa diharapkan memberikan teladan positif dengan pola hidup sederhana, baik secara langsung maupun di media digital.

“Jaksa sebagai bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) harus memperhatikan betul bahwa seorang Jaksa merupakan bagian sentral dari penyelenggara penegakan hukum di Indonesia. Oleh karena itu, Jaksa harus dapat memberikan teladan yang baik dengan menampilkan pola hidup yang sederhana di lingkungan masyarakat baik secara langsung maupun sarana digital,” ujar Jaksa Agung.

Menyambut Pemilu Serentak 2024, Jaksa Agung menegaskan pentingnya netralitas ASN, termasuk Jaksa, tanpa menampakkan dukungan pada kontestan Pemilu. Jaksa Agung menyoroti peran tak terpisahkan PERSAJA dari Kejaksaan, menggambarkan PERSAJA sebagai organisasi profesi modern yang mendukung transformasi penegakan hukum menuju Indonesia Emas 2045.

Jaksa Agung juga mengajak untuk kolaborasi dan kontribusi aktif PERSAJA dalam memajukan Kejaksaan. Dia menekankan tanggung jawab besar bersama, baik terhadap Tuhan maupun sesama manusia. Munas PERSAJA 2024 dihadiri oleh berbagai pihak, baik secara langsung maupun virtual, termasuk pejabat TNI yang diberikan keanggotaan kehormatan dan brevet PERSAJA.

About Author