Libur Panjang, Pemkot Semarang Tetap Kontrol Distribusi Logistik Pemilu

SEMARANG (Harianterkini.id) – Pemerintah Kota atau Pemkot Semarang mengambil langkah serius guna memastikan kelancaran pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan berlangsung pada Rabu, 14 Februari mendatang.

Meski libur panjang yang dimulai dari hari Kamis hingga Minggu, namun seluruh kepala OPD dan Camat di lingkungan Pemerintah Kota Semarang akan tetap mengawal proses distribusi logistik ke seluruh TPS yang ada di Kota Semarang dan membantu pengawasan pembersihan alat peraga kampanye di hari tenang di Kecamatan.
Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Semarang, Joko Hartono, Rabu (7/2).

Menurutnya, keputusan ini diambil mengingat hari Jumat (9/2) ditetapkan sebagai cuti bersama dalam rangka menyambung hari libur Imlek, sehingga Aparatur Sipil Negara (ASN) akan menjalani libur panjang pada Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Sementara, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu tetap dilakukan pada hari Rabu.

“Sesuai dengan tugas pemerintah daerah dalam Undang-Undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017, pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk memantau kelancaran pelaksanaan Pemilu. Oleh karena itu, seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat akan melaksanakan piket sesuai petunjuk dari Ibu wali kota. Adapun selama piket di hari libur dan cuti bersama tersebut, para Kepala OPD akan bertugas mengawal distribusi logistik ke seluruh TPS di Kota Semarang dan juga mengawasi pembersihan Alat Peraga Kampanye (APK),” tutur Joko Hartono.

“Dalam pelaksanaan tugasnya nanti, selama empat hari mulai Kamis (8/2) sampai dengan Minggu (11/2), setiap harinya sebanyak 16 kepala OPD akan didampingi Camat setempat melakukan pemantauan pendistribusian logistik Pemilu,” imbuhnya.

Dengan adanya piket ini, diharapkan semua persiapan terkait Pemilu dapat berjalan lancar dan aman.

Upaya-upaya tersebut menegaskan komitmen Pemkot Semarang dalam mendukung proses demokrasi dan menjaga keamanan serta kelancaran pelaksanaan Pemilu.

About Author