Kapolda Papua : TNI-Polri Terus Lakukan Pengejaran Terhadap KKB Pelaku Penembakan Pesawat Wings Air

JAYAPURA (Harianterkini.id) – Kapolda Papua, Irjen. Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K., M.H, mengatakan bahwa personel TNI dan Polri melakukan pengejaran terhadap kelompok kriminal bersenjata pelaku penembakan pesawat Wings Air saat hendak mendarat di Bandara Nop Goliath Dekai, Yahukimo, pada Sabtu siang sekitar pukul 13.20 WIT, 17 Februari 2024, kejadian tersebut mengakibatkan peluru tembus ke dalam badan pesawat.

“Tidak ada korban jiwa dalam insiden penembakan terhadap pesawat dengan kode penerbangan PK-WGT itu,” ujar Irjen. Pol. Mathius D. Fakhiri, Minggu (18/2).

Dari laporan yang diterima Kapolda, terungkap penembakan itu terjadi saat pesawat Wings Air yang mengangkut puluhan penumpang hendak mendarat di Bandara Nop Goliat Dekai, Ibu Kota Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan. Insiden itu berawal dari terdengarnya bunyi tembakan yang ternyata mengenai sisi sebelah kiri badan pesawat Wings Air yang hendak mendarat.

Pesawat yang membawa 36 penumpang itu dilaporkan telah kembali terbang melalui Timika. Seorang penumpang pesawat Wings Air bernama Pratu Ongen yang duduk di kursi nomor 19 A dilaporkan terkena serpihan bekas tembakan hingga bagian lehernya mengalami luka lecet.

Mengenai kelompok kriminal bersenjata (KKB) mana yang melakukan penembakan, Kapolda Papua mengaku belum dapat memastikan.

“Anggota masih melakukan pendalaman guna mengungkap siapa pelakunya,” tutup Irjen. Pol. Mathius D. Fakhiri.

About Author