Ferry Wawan Cahyono Dorong Pengembangan Potensi Desa untuk Kesejahteraan Perekonomian

SEMARANG (Harianterkini.id) – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah, Ferry Wawan Cahyono, menyoroti pentingnya optimalisasi potensi yang dimiliki oleh desa-desa di Jawa Tengah untuk meningkatkan kemajuan dan perekonomian di tingkat lokal.

Ia menegaskan bahwa desa-desa memiliki beragam potensi yang dapat dimanfaatkan secara lebih efektif.

Jawa Tengah memiliki lanskap desa yang kaya akan sumber daya alam, budaya, dan potensi lainnya yang belum sepenuhnya dimanfaatkan dengan baik.

“Kita perlu meningkatkan kesadaran akan potensi-potensi yang ada di desa dan mengembangkan strategi untuk mengoptimalkannya,” ujar Ferry.

Salah satunya adalah pertanian, Ferry menyebutkan bahwa Jawa Tengah memiliki lahan pertanian yang luas dan subur yang dapat menjadi basis utama dalam pengembangan ekonomi desa.

“Kita bisa meningkatkan produksi pertanian melalui penggunaan teknologi modern dan pendekatan yang lebih terorganisir,” katanya.

Tak hanya itu, Ferry juga menyoroti sektor pariwisata desa. Menurutnya, banyak desa di Jawa Tengah yang memiliki kekayaan budaya dan alam yang menarik bagi wisatawan.

“Dengan pengembangan infrastruktur dan promosi yang tepat, pariwisata desa dapat menjadi sumber pendapatan yang signifikan bagi masyarakat setempat,” tambahnya.

Selain itu, Ferry juga menekankan pentingnya pengembangan keterampilan dan pelatihan bagi masyarakat desa untuk meningkatkan daya saing mereka di pasar kerja.

” Pemberdayaan ekonomi desa tidak hanya tentang mengoptimalkan sumber daya alam, tetapi juga tentang meningkatkan keterampilan dan kapasitas masyarakat,” tegasnya.

Dalam upaya untuk mewujudkan visi ini, Ferry menyatakan komitmennya untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah, lembaga swadaya masyarakat, dan pihak terkait lainnya untuk merancang dan melaksanakan program-program yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa di Jawa Tengah.

Dengan langkah-langkah konkret ini, diharapkan potensi-potensi yang ada di desa-desa Jawa Tengah dapat dioptimalkan dengan lebih baik, sehingga dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kemajuan dan perekonomian di tingkat lokal serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa secara keseluruhan.

About Author