Polres dan Dishub Temanggung Lakukan Pemeriksaan Keselamatan Bus di Terminal Madureso

TEMANGGUNG (Harianterkini.id) – Petugas polisi dari Polres Temanggung bersama Dinas Perhubungan melaksanakan pemeriksaan atau inspeksi keselamatan bus di Terminal Madureso pada hari Senin (1/4/2024). Tindakan ini dilakukan untuk memverifikasi bahwa semua kendaraan angkutan mudik dalam kondisi yang aman untuk digunakan.

“Kami melakukan pemeriksaan ini untuk memastikan bahwa semua kendaraan angkutan mudik dalam kondisi yang aman. Dengan kendaraan yang dalam kondisi baik ini, kami berharap perjalanan dapat berlangsung tanpa masalah,” ujar Kepala Bagian Operasi Satuan Lalu Lintas Polres Temanggung, Iptu Endi Widodo.

Dia menjelaskan bahwa pemeriksaan tersebut juga bertujuan untuk mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh kerusakan kendaraan.

“Selama pemeriksaan ini, belum ditemukan kendaraan yang tidak memenuhi standar keselamatan. Kami telah memeriksa terutama roda, rem, serta perlengkapan seperti lampu sen dan lampu jauh. Hingga saat ini, kami belum menemukan masalah dan semoga tidak akan ditemukan,” jelasnya.

Kasi Perbengkelan dan Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Temanggung, Gani Cipta Sampurna, menyatakan bahwa selama musim mudik Lebaran 2024, pihaknya melakukan pemantauan kendaraan umum secara intensif untuk mencegah terjadinya hambatan.

“Kami melakukan pemeriksaan yang sama, di tempat yang sama, yakni di terminal, untuk melihat bagaimana perubahan dari musim liburan Nataru kemarin dengan angkutan Lebaran tahun ini. Secara umum, armada yang digunakan untuk angkutan Lebaran lebih siap daripada pada musim liburan Nataru,” ungkapnya.

Selain memeriksa kendaraan, para sopir dan kru bus juga diperiksa kesehatannya, termasuk pemeriksaan tensi darah.

“Mereka juga diberikan vitamin dan suplemen kesehatan untuk mendukung stamina,” tambahnya.

About Author