Rangkaian Peringatan HUT Ke-44 Dekranas Selesai, Pengunjung Capai 13 Ribu Orang

SEMARANG (Harianterkini.id) – Rangkaian peringatan HUT Ke-44 Dekranas di Kota Solo telah selesai pada Sabtu (18/5/2024).

Acara ini berlangsung meriah dengan parade kirab budaya dan kriya yang tercatat dalam rekor MURI, serta menghasilkan nilai transaksi langsung sebesar Rp4,3 miliar dari ekspo produk kriya dan wastra.

Ketua Panitia HUT ke-52 Dekranas, Leomongga Agus Gumiwang, mengungkapkan hal tersebut dalam sesi penutupan acara. Pada kesempatan tersebut, hadir Mendagri RI Muhammad Tito Karnavian, Ketua Harian Dekranas Tri Suswati Tito Karnavian, Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Penjabat Ketua Dekranasda Jateng Shinta Nana Sudjana, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan Ketua Dekranasda Solo Selvi Ananda Gibran.

Leomongga menyatakan bahwa rangkaian acara peringatan Hari Jadi Dekranas di Solo berlangsung sangat meriah. Dibuka oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada 15 Mei 2024, berbagai acara digelar untuk memeriahkan sektor kriya dan wastra.

Salah satu acara utama adalah ekspo produk kerajinan kriya dan wastra di Pamedan, Pura Mangkunegaran, yang berlangsung selama empat hari (15-18 Mei 2024) dan membukukan transaksi senilai miliaran rupiah.

“Selama empat hari pameran, jumlah pengunjung mencapai lebih dari 13 ribu orang. Sedangkan nilai transaksi mencapai Rp4,3 miliar,” ujarnya, diiringi tepuk tangan penonton.

Ia juga menambahkan bahwa kesuksesan acara ini tidak akan terwujud tanpa sinergi dari berbagai pihak. Leomongga mengapresiasi kinerja Pemprov Jateng dan Pemkot Solo dalam menyelenggarakan dan melayani peserta dari 38 provinsi.

Ketua Harian Dekranas Tri Suswati Tito Karnavian secara resmi menutup rangkaian acara

“Dengan mengucap Alhamdulilllahi rabbil ‘alamin, puji syukur kepada Tuhan, saya dengan ini menutup rangkaian acara HUT ke-44 Dekranas, dan acara ekspo produk unggulan Dekranas dan Dekranasda. Dengan ini rangkaian acara HUT Dekranas resmi ditutup,” ujarnya.

Selain acara HUT Dekranas, ada juga kegiatan memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK di Balekambang. Meskipun diselenggarakan bersamaan, kedua acara tersebut berjalan harmonis.

Keberhasilan pameran Dekranas juga didukung oleh berbagai Dekranasda di daerah, termasuk Dekranasda Provinsi Jawa Tengah. Stan-stan yang dibuat oleh Dekranasda Provinsi Jawa Tengah dan kabupaten/kota di Jateng ramai dikunjungi warga, dengan jumlah transaksi yang hampir mencapai Rp1 miliar. Menurut catatan Dinas Koperasi dan UKM Jateng, total transaksi hingga 17 Mei 2024 mencapai Rp870.205.500, yang merupakan transaksi dari UMKM binaan Dekranasda Provinsi Jawa Tengah dan pemkab/pemkot

About Author