Blibli Tiket Siap Penuhi Kebutuhan Masyarakat Jawa Tengah Lewat Inovasi dan Sinergi yang Dihadirkan
SEMARANG (Harianterkini.id) – Merayakan semarak ulang tahun ke-13, Kota Semarang menjadi destinasi istimewa bagi PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli), perusahaan e-commerce yang terkenal di Indonesia. Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan Blibli yang mencakup empat kota besar di Tanah Air.
Dalam kegiatan yang diselenggarakan di Farmers Market Tentrem Mall yang turut dihadiri oleh perwakilan Blibli, Farmers Market dan Seller Jawa Tengah, dalam sesi ini Blibli memaparkan perjalanan, upaya, dan terobosan ekosistem Blibli Tiket yang hadir sejak tahun 2022, utamanya dalam memberikan layanan omnichannel yang senantiasa relevan dan inklusif untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan pelanggan.
Kenal Lebih Dekat Ekosistem Blibli Tiket Menjadi bagian dari rangkaian kegiatan ulang tahun Blibli (25 Juli) dan tiket.com (12 Agustus), bareng-bareng dengan Ranch Market (19 Oktober), para CEO ekosistem Blibli Tiket memaparkan perjalanan, upaya dan terobosan yang dikemas dalam infografis.
Head of Public Relations Blibli, Yolanda Nainggolan, mengungkapkan, sinergi dan inovasi ekosistem Blibli Tiket ibarat tradisi kebersamaan makan-makan saat ulang tahun, semua menu tersedia lengkap di atas meja.
” Seperti halnya komitmen kami dalam memperkuat ekosistem omnichannel terpadu, yang siap memenuhi hampir 90%1 potensi pengeluaran kebutuhan masyarakat Indonesia, mulai dari belanja harian, perjalanan, gaya hidup, produk elektronik, otomotif, tagihan bulanan hingga perabot rumah tangga, tanpa hambatan baik online maupun offline, seketika saat mereka mengakses ekosistem kami,” ujar Yolanda, di Semarang, Rabu (31/7).
Lebih lanjut, Yolanda menjelaskan enam sinergi dan inovasi terintegrasi pada ekosistem Blibli Tiket. Salah satu inovasi utama adalah opsi pembayaran mudah dan terintegrasi di semua platform Blibli Tiket PayLater yang diperkenalkan sejak 2020.
” Saat ini, metode pembayaran tersebut telah menjadi salah satu pilihan utama bagi pelanggan di Blibli, tiket.com dan juga Ranch Market, memungkinkan konsumen untuk membeli kebutuhannya sekarang dan membayar nanti,” imbuh Yolanda.
Sinergi dan terobosan tidak berhenti disitu, pada tahun 2022 Single Sign-On diluncurkan, yang memberikan kemudahan akses antar platform menggunakan kredensial login yang sama di semua akun. Penggabungan manfaat pelanggan pun secara bertahap dilakukan melalui Loyalty Membership Parity hingga, pada tahun 2023, program loyalitas terpadu, “Satu Poin Untungnya Dimana-mana” Blibli Tiket Rewards hadir.
Menariknya, pengumpulan poin loyalitas Blibli Tiket Rewards kini bisa dilakukan di toko-toko fisik konsumen termasuk gerai supermarket premium Ranch Market dan Farmers Market, serta toko elektronik konsumen, seperti Hello Store (toko ritel Apple resmi/Apple Authorised Reseller), Samsung Store, dan Blibli Store (toko multibrand elektronik konsumen).
Setiap poin yang terkumpul dapat digunakan untuk pembelian selanjutnya di dalam ekosistem Blibli Tiket, baik secara online dan offline, tanpa hambatan. Dengan semangat terus berkembang, pada 2024, keanggotaan pelanggan ekosistem Blibli Tiket sepenuhnya terintegrasi menjadi Unified Membership dan memberikan nilai tambah juga kejutan seru bagi pelanggan.
Sebagai wujud selebrasi, pada 10 Juni-16 Juli 2024 lalu, program fast-track diadakan. Lebih dari 145 ribu pelanggan yang baru pertama kali bergabung, sebanyak 2% atau lebih dari 2.000 pelanggan ter-upgrade menjadi tier Diamond dan merasakan berbagai manfaat mulai dari free airport lounge, kuota tambahan gratis ongkir 10x, hingga voucher ulang tahun senilai 175 ribu.
Aksi nyata untuk masa depan yang berkelanjutan juga tak luput dari perhatian dengan diluncurkannya Blibli Tiket Action, program sustainability untuk membantu mewujudkan masa depan berkelanjutan dan bumi yang lebih lestari.
Blibli Tiket Action fokus pada enam pilar utama yang menjadi dasar berbagai aksi nyata, diantaranya:
1. Penggunaan sumber daya yang bertanggung jawab: 95% kemasan menggunakan daur ulang dan berbasis kertas.
2. Pengurangan sampah: 59% sampah operasional telah didaur ulang.
3. Pengurangan emisi: Pengurangan 9,3% dari total emisi operasional selama tahun 2023.
4. Pengelolaan data & privasi: Konsisten melakukan perlindungan keamanan data secara komprehensif.
5. Pelatihan & pengembangan: Rata-rata karyawan mendapatkan durasi pelatihan selama 27 jam per tahun 2023.
6. Hubungan komunitas: Jumlah penerima manfaat dari program tanggung jawab sosial ekosistem Blibli Tiket meningkat hingga 150% dibandingkan tahun sebelumnya.
Turut memberdayakan pelanggan, mitra dan karyawan, Blibli Tiket Action juga menggelar acara tahunan Langkah Membumi Festival yang menjadi melting pot – mempertemukan ratusan ecopreneur, pihak swasta/pelaku industri, dan penggiat sustainability dalam aksi kolaboratif demi perubahan nyata dalam memerangi krisis iklim untuk menuju ekonomi yang berkelanjutan.
Dihadiri lebih dari 5.000 pengunjung dalam dua hari penyelenggaraan, festival ini sejalan dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) 4, 12, 13, dan 17, yang menekankan pada pendidikan berkualitas, konsumsi yang bertanggungjawab, penanggulangan perubahan iklim, dan pentingnya kemitraan untuk mencapai tujuan bersama dalam mewujudkan sustainable growth di Indonesia.
Upaya dan Terobosan Ekosistem Blibli Tiket Berpusat kepada Pelanggan Menjelaskan lebih lanjut mengenai sinergi dan inovasi ekosistem omnichannel Blibli Tiket bertujuan ingin memudahkan pelanggan dengan memberikan pengalaman yang superior sekaligus bernilai tambah.
Misalnya, ketika mereka perlu berbelanja produk segar berkualitas premium bebas khawatir sepulang bekerja, hanya dengan fitur Click&Collect, pelanggan bisa berbelanja secara online dan mengambilnya di toko Ranch Market atau Farmers Market terdekat.
Tidak hanya itu, sinergi juga memberikan manfaat seperti meningkatkan retensi pelanggan dengan menciptakan value-oriented benefits seperti potensi untuk mencapai tier keanggotaan yang lebih tinggi dan dapat memotivasi pelanggan untuk terus berbelanja di ekosistem.
Termasuk, mendorong cross-selling antar platform contohnya melalui program loyalitas terpadu, Blibli Tiket Rewards, yang terintegrasi bagi seluruh pelanggan di dalam ekosistem, baik secara online maupun offline.
Lebih dari itu, upaya dan terobosan omnichannel terintegrasi ekosistem Blibli Tiket pun konsisten dikembangkan dengan beroperasinya 185 toko fisik elektronik konsumen, 62 gerai supermarket premium, dan 30 Dekoruma Experience Center di seluruh Indonesia, per akhir bulan Juni 2024.
Perjalanan Sinergi dan Inovasi Ekosistem Blibli Tiket Baru Permulaan Upaya dan terobosan yang kami lakukan ini adalah permulaan dan selaras dengan strategi keseluruhan yakni ekosistem omnichannel terpadu juga terintegrasi.
Komitmen untuk terus relevan telah membawa kami menjadi pilihan pelanggan dan institusi, terbukti dari basis pelanggan dan institusi yang bertumbuh, serta cross-selling antar ketiga platform yang menunjukkan tren positif.
Semangat #BisaJadiLebih beri banyak kemudahan untuk pelanggan di Jawa Tengah Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2024, Provinsi Jawa Tengah adalah penyumbang perekonomian terbesar keempat di Pulau Jawa, yakni sebesar 14,49%.
Begitupun performa perdagangannya, provinsi ini menunjukkan pertumbuhan positif, dimana pada sepanjang 2023 berada di angka 4,98, atau naik 4,32% dibandingkan tahun 2022.
Menariknya, fakta tersebut berbanding lurus dengan konsumsi dan preferensi berbelanja masyarakat Jawa Tengah yang juga tumbuh signifikan.
Sejalan dengan fakta di atas, solusi omnichannel commerce yang ditawarkan oleh Blibli semakin menjadi pilihan terpercaya bagi konsumen di Jawa Tengah untuk memenuhi aneka kebutuhannya dengan mudah, terjangkau, dan 100% orisinal.
Adapun hingga saat ini, Blibli mencatat beberapa emerging categories yang paling diincar oleh warga Jawa Tengah meliputi:
● Kategori Bliblimart terus diminati oleh masyarakat Jawa Tengah. Salah satunya terlihat dari meningkatnya pembelian beras oleh konsumen di Jawa Tengah, yang apabila ditotal dalam setahun terakhir, panjang jumlah konsumsinya setara jarak Jakarta-Semarang jika disusun secara horizontal. Konsumen di Jawa Tengah juga tercatat memiliki permintaan tinggi terhadap kebutuhan perlengkapan anak.
Ini dibuktikan oleh jumlah pembelian minyak telon di semester pertama 2024, setara dengan 26 karton air mineral gelas.
Selain itu, jumlah penjualan popok anak di Jawa Tengah selama 2024, yang jika ditumpuk secara vertikal, setara dengan tinggi patung Liberty di Kota New York, Amerika Serikat (AS).
● Kategori Otomotif juga dilirik seiring kemudahan pembelian unit kendaraan secara online. Ini terlihat dari tingginya permintaan pembelian kendaraan roda dua di Jawa Tengah.
● Kategori Handphone & Tablet juga menjadi salah satu unggulan di Jawa Tengah, dimana selama 2024, jumlah penjualan handphone berbagai jenis setara dengan populasi penduduk di negara bagian Missouri, AS.
Region Head of Central Java Blibli, David Hutani, mengatakan, Warga Jawa Tengah mulai merasakan kenyamanan dan manfaat dari solusi omnichannel yang Blibli tawarkan.
Di sisi lain, preferensi dan kepercayaan masyarakat Jawa Tengah juga berkontribusi dalam mendorong ekosistem Blibli Tiket agar semakin relevan dan menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup mereka.
” Dari mulai belanja kebutuhan harian, produk Ibu dan Anak yang terpercaya kualitasnya, hingga pembelian produk otomotif, pelanggan bisa bertransaksi secara omnichannel dengan mudah sesuai dengan preferensi mereka,” jelas David.
Lebih dari memenuhi kebutuhan belanja secara daring, melalui ekosistem omnichannel yang terintegrasi, saat ini Blibli juga kian melengkapi pengalaman berbelanja secara omnichannel di Jawa Tengah.
David juga menjelaskan mengenai tingginya animo masyarakat Jawa Tengah terhadap pengalaman berbelanja Click & Collect, dimana pelanggan bisa memesan produk secara online dan mendapatkan semua penawaran terbaik serta bisa langsung mengambil produk tersebut di toko.
Memperluas manfaat fitur tersebut, Blibli Jawa Tengah hingga saat ini telah berkolaborasi dengan lebih dari 200 mitra seller dari berbagai kategori untuk menghadirkan pengalaman omnichannel terdepan, mulai dari smartphone, komputer, Bliblimart, otomotif, dan toko perhiasan.
Upaya ini kian memperkuat komitmen omnichannel commerce terpadu bagi masyarakat setempat. Dengan semangat #BisaJadiLebih, Blibli terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan relevan bagi masyarakat Jawa Tengah dan Indonesia.
Blibli percaya bahwa lewat ekosistem omnichannel Blibli Tiket yang inklusif, pelanggan dapat menikmati pengalaman berbelanja yang lebih mudah, nyaman, dan memuaskan, baik secara online maupun offline. Perseroan juga berterima kasih kepada seluruh pelanggan setia yang telah mendukung Blibli selama 13 tahun ini. (btg)