Bawaslu Riau Gandeng Forkomawa, Ciptakan Pemilu yang Berkualitas

PEKABARU (Harianterkini.id) – Ciptakan Pemilu yang berkualitas pada tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau jejaki kerja sama dengan Forum Komunikasi Mahasiswa (Forkomawa) Provinsi Riau.

Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal mengatakan, bahwa pihaknya akan menjalin kerja sama dengan Forkomawa Provinsi Riau dan menyambut baik program yang ditawarkan Ketua Foromawa Dr Bagio Kadaryanto.

“Jika menggandeng Forkomawa Riau tentu sosisiliasasi, peran dan tugas Bawaslu dapat tersampaikan ke pelosok-pelosok Riau,” ujar Alnovrizal, Selasa (21/2).

Dijelaskan dia, Bawaslu Provinsi Riau perlu kerja sama dengan masyarakat dan berbagai pihak termasuk pihak kampus untuk mengawasi Pemilu di Provinsi Riau.

“Kalau berharap 100 persen kepada pengawas yang ada dengan lingkup daerah yang besar ini ya kita rasa ya kita belum cukup. Namun, dengan kerja sama bersama rakyat bersama dan kalangan yang ada di Riau ini, kita yakin bisa,” ucapnya.

Dia menyampaikan, kedatangannya menemui Ketua Forkomawa Riau di Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, Riau Senin (20/2) untuk mengajak sama sama mengawasi Pemilu.

“Menjelang pemilu ini bisa dilakukan sosialisasi bersama, kemudian program magang belajar, kemudian penelitian mahasiswa/dosen dan lain halnya,” jelasnya.

Sementara, Dr Bagio menawarkan kepada Bawaslu Riau untuk menggandeng Forkomawa Riau untuk memperkuat dan penyebaran peran dan tugas Bawaslu dalam menghadapi Pemilu 2024.

“Kebetulan saya adalah ketua Forkomawa Riau, ada 87 perguruan tinggi swasta tersebar di 12 kabupaten/kota di Riau yang tergabung dalam Forum ini. Sosialisasi tentang tugas dan peran Bawaslu akan dapat diperluas jika menggandeng Forkomawa,” kata Dr Bagio yang juga menjabat Wakil Rektor III Bidang Mahasiswa dan Kerja Sama Unilak itu.

Dr Bagio menjelaskan, dalam pelaksanaan pesta demokrasi ini, mahasiswa juga dapat berperan melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, melalui program ini mahasiswa bisa magang atau kegiatan bakti ke masyarakat.

“Kami siap mendukung dan membantu Bawaslu Riau dalam pelaksanaan pesta demokrasi 2024,” imbuhnya.

Menurut dia, pesta demokrasi tentu harus disukseskan, agar tingkat keberhasilan dan partisipasi serta pengawasan dapat berjalan dengan baik. “Sosialisasi peran dan tugas Bawaslu bisa dilakukan dengan kegiatan Bawaslu Goes To Campus, menggandeng mahasiswa Unilak pemantau dan pengawasan,” tandas Dr Bagio.

About Author