Pertama dalam Sejarah, Pemerintah Perioritaskan Pertahanan Negara

JAKARTA (Harianterkini.id) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus menggenjot kebutuhan pembangunan pertahanan negara, oleh karena itu Menteri Pertahanan RI Prabowo apresiasi langkah pemerintah Jokowi dalam memprioritaskan kebutuhan pertahanan.

Hal ini disampaikan ketika Jokowi meninjau langsung pemberian Pesawat C-130J-30 Super Hercules, di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Rabu (8/3).

“Dukungan Pak Joko Widodo saya lihat dalam sejarah untuk pertahanan itu terbesar, terbesar. Tapi kita, beliau punya prioritas, kita kemarin mengalami Covid yang sangat berbahaya, jadi prioritas beliau, kita utamakan keselamatan rakyat,” kata Prabowo.

Presiden Jokowi sendiri mengatakan bahwa pembangunan postur pertahanan negara akan disesuaikan dengan ketersediaan APBN dan terus dilakukan secara bertahap.

“Ya semuanya disesuaikan dengan anggaran yang kita miliki. Tapi kita ingin berusaha agar terpenuhi,” katanya.

“Seperti hari ini, yang kita pesan ada lima, tadi Pak Menhan menyampaikan, hari ini datang satu, nanti Juni tambah satu lagi, Juli tambah satu lagi, Oktober tambah satu, Januari tahun depan tambah satu. Lima pesawat yang akan datang ke negara kita,” tambahnya.

Seluruh kegiatan perbaikan pesawat Super Hercules ini nantinya akan dilaksanakan di tanah air. Hal tersebut mencakup perbaikan dan overhaul berat seperti penggantian center wing box.

“MRO-nya, maintenance repair overhaul akan di Indonesia dilaksanakan. Sebagaimana pesawat yang kedua ini sudah dilaksanakan di Indonesia semua. Ini termasuk overhaul berat pergantian center wing box ini sangat sulit, pertama kali kita lakukan di Indonesia,” tandas Prabowo.
Di

About Author