Berkunjung ke Riau, Wapres Ingatkan Hal Ini di Hari Desa Asri Nusantara

PELALAWAN (Harianterkini.id) – Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin menghadiri peringatan Hari Desa Asri Nusantara di Desa Makmur, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Senin (20/3).

Sebagai informasi, Hari Desa Asri Nusantara adalah hari yang ditetapkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi untuk mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya lingkungan desa yang Aman, Sehat, Rindang, Indah (ASRI).

Untuk mewujudkan desa ASRI, dilakukan upaya menjaga kelestarian alam, terutama pepohonan, yang memiliki banyak fungsi diantaranya fungsi klimatologi, fungsi hidrologis, fungsi ekologi, dan fungsi erologis.
Dalam kegiatan itu, juga melakukan penanaman pohon secara simbolis oleh Wapres RI, Ma’ruf Amnin, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Bupati Pelalawan, Zukri Misran, dan Forkopimda. Penanaman pohon juga dilakuka serentak yang diikuti oleh seluruh desa se Indonesia dan dilakukan secara daring. Adapun pohon yang ditanam sebanyak 8.508.327 pohon seluruh Indonesia.

“Selamat memepringati Hari Desa Asri Nusantara Tahun 2023, semoga Allah SWT senantiasa memberikan hidayahnya kepada negara kita,” ujar Wapres, Ma’ruf Amin di Pelalawan, Senin (20/3/2023).

Dikatakan Wapres, hampir satu dekade desa telah masuk dalam panggung utama pembangunan, karena pembangunan desa juga sebagai pusat pertaruan masa depan sebab aneka problematikan vital bermukim di desa, mulai dari pendidikan, penguasaan, ekologi, ekonomi, hingga kerentanan sosial.

“Memperingati Hari Desa Asri Nusantara ini, guna meningkatkan kesadaran kesadaran ancaman kemanusiaan yang sangat berat akibat iklim,” jelas Wapres.

Ditempat yang sama, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyebut bahwa dengan mengambil tema “Desa Menghijaukan Dunia” dapat mengingatkan manusia akan pentingnya upaya mewujudkan lingkungan desa yang asri dengan pepohonan yang mempunyai berbagai fungsi yang penting untuk kehidupan semua.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, sebut Gubernur Syamsuar berkomitmen untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang lebih baik, melalui program Riau Hijau yang mencakup beberapa kebijakan, yakni meningkatkan pengendalian kerusakan dan penyamaran lingkungan, meningkatkan kualitas pengelolaan sumber daya alam, serta meningkatkan bauran energi mari sumber daya alam terbarukan.

“Kebijakan ini juga diharapkan akan mendukung komitmen pemerintah dalam pembangunan rendah karbon dan penurunan emisi gas rumah kaca melalui rencana kerja Indonesia FOLU Net Sink 2030,” pungkas Gubri.

About Author