Ribuan Lampu Colok Hiasi Malam Ramadhan, Wali Kota Pekanbaru: Jaga Tradisi Gotong Royong Bangun Kota

PEKANBARU (Harianterkini.id) – Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun S.STP, M.AP membuka Festival Lampu Colok Kota, di di Halaman Kantor Camat Kulim, Kota Pekanbaru, Senin (17/4) malam.

Muflihun, bersama Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyalakan langsung lampu colok. Turut hadir sejumlah kepala OPD dan pejabat Forkopimda Pekanbaru.

Festival lampu colok digelar untuk menyemarakan bulan suci Ramadan dan menyambut hari raya Idul Fitri 1444 H. Secara turun-temurun tradisi ini dilaksanakan pada malam 27 Ramadan atau sering disebut malam 7 likur jelang hari raya Idul Fitri.

Di halaman Kantor Camat Kulim, sebanyak 3.000 lampu colok telah dinyalakan. Berdiri kokoh di atas menara kayu. Sebahagian membentuk ornamen miniatur Masjid.

“Alhamdulillah (lampu colok) telah dinyalakan. Ini merupakan budaya dari masa dulu. Kami mengenang jika zaman dahulu belum ada listrik masyarakat melayu Pekanbaru beraktifitas di malam bulan Ramadan menggunakan lampu colok, seperti tadurus, bayar zakat fitrah dan lain sebagainya,” terang Muflihun.

Menurutnya, lampu colok sangat luar biasa, dari hanya sebatas penerangan jalan, berubah menjadi tradisi yang membudaya di masyarakat.

“Jika dulunya hanya berbentuk sebatang buluh yang di potong – potong lalu ditanam sepanjang jalan. Saat ini lampu colok dibuat berbagai model. Sehingga memancing animo masyarakat untuk menyaksikannya. Semoga budaya ini tetap bersinar tak hilang ditelan zaman,” jelasnya.

Muflihun berharap dengan adanya kegiatan ini, agar masyarakat kembali mengambil nilai gotong – royong pada tradisi ini, untuk membangun Kota Pekanbaru.

“Jadi mari kita bersama-sama jaga tradisi ini, namun kita hati-hati juga dengan api yang dihidupkan agar tetap aman,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Muflihun atas nama pribadi dan Pemko Pekanbaru juga mengucapkan selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri.

“Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir Batin. Semoga kita mendapatkan ampunan dari Allah dan menjadi hambanya yang bertaqwa,” pungkasnya.

About Author