Pemerintah Dorong Peningkatan Literasi Digital Masyarakat untuk Percepat Ekosistem Ekonomi Digital

JAKARTA (Harianterkini.id) – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian tengah mendorong peningkatan literasi digital masyarakat guna mempercepat adopsi teknologi pada ekosistem ekonomi digital.

“Peningkatan literasi digital menjadi prasyarat penting dalam mewujudkan masyarakat digital, dan literasi digital dapat membantu masyarakat untuk menggunakan teknologi dengan lebih bijak,” ujar Deputi Bidang Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kemenko Perekonomian Mohammad Rudy Salahuddin, Selasa (11/7/23).

Rudy menjelaskan, saat ini pemerintah berupaya meningkatkan literasi digital masyarakat melalui beberapa program, antara lain Digital Talent Scholarship yang dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RI, Kartu Prakerja yang dikelola Kemenko Perekonomian, serta banyak program lain hasil kolaborasi antara pemerintah dan swasta.

“Sebagai langkah yang telah dilakukan, diharapkan dapat membantu mewujudkan masyarakat digital yang saling terhubung, inklusif dan berdaya saing sehingga dapat berkontribusi aktif dalam mendorong perkembangan ekonomi digital,” ujar Rudy.

Adapun salah satu tujuan dari transformasi digital yang sedang bergaung saat ini adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Penyelesaian beberapa tantangan dalam transformasi ini perlu menjadi prioritas pemerintah.

Percepatan adopsi teknologi digital tentunya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia yang terus tumbuh signifikan. Studi Google, Temasek, Bain & Company (2022) menyatakan bahwa sebesar 40 persen dari nilai transaksi ekonomi digital ASEAN disumbangkan oleh Indonesia.

“Pengembangan ekosistem ekonomi digital membutuhkan konsistensi penyelesaian atas sejumlah tantangan, salah satunya adalah menjamin keamanan dan privasi data, termasuk memastikan keamanan penggunaan teknologi digital bagi masyarakat,” jelas Rudi.

About Author