Peduli Lingkungan, Pertamina Patra Niaga Gelar Coastal Clean Up dan Penanaman 10.300 Tanaman Laut

SEMARANG (Harianterkini.id) – PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (RJBT) kembali menunjukkan komitmennya untuk melestarikan lingkungan dan mencegah kerusakan alam melalui program “Perwira Penggerak Coastal Clean Up (bersih-bersih pantai)”. Kegiatan yang merupakan salah satu kegiatan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Pertamina Patra Niaga RJBT dengan melakukan penanaman 10.300 tanaman laut yang diadakan di Pantai Tirang, Kota Semarang pada Kamis (14/9).

Hadir dalam kegiatan ini Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Aji Anom Purwasakti, tim manajemen Pertamina Patra Niaga Regional JBT, Pengurus Serikat Pekerja (SP) Persada IV, Pekerja Pertamina Patra Niaga Regional JBT, Pekerja Pertamina Transkontinental Area Semarang, Pekerja PT Pertamina Lubricants Area Semarang, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Energi Mahasiswa (DEM) di area Semarang, Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang, Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang, serta masyarakat setempat yang ikut berpartisipasi.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Aji Anom Purwasakti mengungkapkan, program Perwira Penggerak ini diikuti lebih dari 250 peserta yang terdiri baik dari pihak internal maupun eksternal.

“Penanaman tanaman laut yang dilakukan pada hari ini sebanyak 10.000 bibit mangrove dan 300 kelapa genjah. Tidak hanya itu, aksi bersih-bersih pantai untuk membersihkan pantai yang terdapat sampah di area Pantai Tirang juga dilakukan,” ujar Anom.

Anom menambahkan, lebih dari 50 orang Pekerja Pertamina Patra Niaga Regional JBT yang secara sukarela bergabung untuk kegiatan Perwira Penggerak Coastal Clean Up. Dengan kondisi kemarau panjang yang sedang melanda Kota Semarang, diharapkan hasil dari kegiatan ini dapat bermanfaat secara berkelanjutan khususnya untuk masyarakat sekitar kawasan Pantai Tirang.

“Semoga dengan adanya penanaman tanaman laut dan aksi bersih-bersih pantai ini dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar pada khususnya dan Kota Semarang pada umumnya, termasuk dalam hal mengurangi risiko erosi dan mengurangi emisi karbon.

Antusiasme dapat dirasakan oleh seluruh peserta yang terlibat selama kegiatan penanaman bibit mangrove dan bibit kelapa genjah serta bersih-bersih pantai berlangsung.

Dalam sambutanya, Ketua Umum SP Persada IV, Solikin mengatakan, organisasi SP Persada IV mendukung penuh untuk dapat mendorong keterlibatan pekerja Pertamina secara umum dalam kegiatan-kegiatan sosial, baik yang diwadahi oleh perusahaan melalui program TJSL.

“Melalui kegiatan ini, SP Persada IV dan Pertamina Patra Niaga JBT ingin mengajak masyarakat untuk lebih memahami bagaimana pentingnya melakukan pelestarian dan menjaga kebersihan di sepanjang pesisir Pantai Tirang,” ucap Solikin

Solikin menambahkan bahwa program yang di inisiasi oleh SP Persada IV mengangkat isu yang sangat beragam.

“Melalui program Perwira Penggerak ini, SP Persada IV ingin menunjukkan bahwa pergerakkan kami sebagai aktivis pekerja tidak melulu seputar isu kesejahteraan dan perusahaan saja, melainkan isu yang lebih luas yaitu sosial dan lingkungan,” pungkas Solikin.

About Author