Tingkatkan Perekonomian, Mbak Ita Ajak Masyarakat Kunjungi Semarang Great Sale 2023

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu saat menghadiri pembukaan Semarang Great Sale (Semargres) di Lapangan Pancasila Simpanglima Semarang, Sabtu malam (28/10).

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu saat menghadiri pembukaan Semarang Great Sale (Semargres) di Lapangan Pancasila Simpanglima Semarang, Sabtu malam (28/10).

SEMARANG (Harianterkini.id) – Gelaran pesta diskon semarak Semarang Great Sale (Semargres) kembali digelar selama sebulan penuh. Event dengan beragam hadiah menarik ini akan diselenggarakan pada tanggal 1-30 November 2023.

Launching semarak Semargres 2023 itu dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Bulan Inklusi Keuangan dan Safari Rupiah Special Edition bertajuk ‘The Jewel of Central Java’ di Lapangan Pancasila Simpanglima Semarang, Sabtu (28/10) malam.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, Dewan Komisioner OJK, Dian Ediana Rae, dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra, serta jajaran Forkopimda Kota Semarang lainnya.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menyampaikan, bahwa Semarang Great Sale atau Semargres merupakan agenda tahunan yang diluncurkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Semarang.

“Semargres 2023 ini bisa mendorong konsumsi masyarakat, serta menjadi magnet atau daya tarik wisatawan untuk datang ke kota Semarang. Diharapkan juga bisa memiliki multiplier effect bagi perputaran perekonomian di Kota Semarang,” kata Mbak Ita, sapaan akrab wali kota, Sabtu (28/10) malam.

Tak hanya itu, pembayaran transaksi dengan QRIS dalam event Semargres 2023 ini sekaligus menjadi upaya mendorong digitalisasi.

“Kami Pemerintah Kota terus berupaya untuk memberikan layanan terbaik bagi warga, salah satunya melalui event diskon berbagai merchant yang ikut dalam Semarang Great Sale kali ini,” jelasnya.

Konsepnya sama, lanjut Mbak Ita, tetapi Semargres kali ini semua memakai QRIS untuk transaksi. “Melalui sinergitas antara Pemerintah Kota, BI, dan OJK kali ini diharapkan pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Tengah, khususnya Kota Semarang dapat tumbuh semakin kuat. Selain itu, kesadaran masyarakat terhadap literasi keuangan dan pembayaran digital diharapkan dapat lebih berkembang,” katanya.

Sementara itu, Ketua Kadin Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara mengatakan, Semarang Great Sale tahun 2023 ini merupakan gelaran yang ke-12.

“Kalau pada tahun kemarin, yang notabenenya terjadi pada saat pandemi, tapi bisa mencapai target transaksi Rp 300 miliar, harapannya kali ini bisa naik 20 persen,” kata Arnaz.

Ia mengatakan, dengan komitmen yang sama, Kadin menggelar Semargres 2023 dengan tujuan agar pariwisata Kota Semarang bisa meningkat dan tentunya perekonomian di Kota Semarang juga bisa ikut meningkat.

Sementara itu, Ade Pramudito, Ketua Semargres 2023 mengatakan, dalam Semargres 2023 ini, teknisnya baik dari hotel, restoran, toko retail sampai di pasar tradisional dan PKL masing-masing menggunakan aplikasi Semargres.

“Semua yang belanja di Semarang bisa melakukan scan pada aplikasi Semargres masing-masing merchant untuk mendapat kupon yang akan diundi. Nantinya akan dapat kupon digital dan diundi untuk bisa mendapatkan hadiah Semargres,” katanya.

Tak hanya hotel dan pusat perbelanjaan, pasar-pasar tradisional dan PKL juga akan ikut menjadi merchant di Semargres 2023.

“Tahun lalu, ada 15 pasar dan PKL di Kota Semarang yang ikut. Malah paling besar tahun lalu transaksi di Pasar Wonodri. Mereka dalam sehari bisa mengeluarkan 2000 kupon. Dengan tingginya transaksi di pasar-pasar itu diharapkan perputaran ekonomi juga meningkat,” jelasnya.

About Author