Cocok Diminum di Pagi Hari, Ini Sederet Khasiat Kopi Pahit bagi Kesehatan

JAKARTA (Harianterkini.id) – Kopi pahit bagi kesehatan sangat banyak manfaat. Karenanya, tidak heran jika jenis kopi ini digemari banyak orang, terutama untuk diminum di pagi hari.

Kopi pahit cocok untuk diseruput oleh pengidap diabetes atau orang yang harus menjaga kadar gula darahnya. Selain itu, kopi pahit juga disebut dapat menurunkan risiko penyakit jantung, parkinson, dan beberapa jenis kanker.

Dilansir dari Healthline, Minggu (5/11/23), berikut 8 manfaat kopi pahit bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Menjaga Fungsi Otak

Bertambahnya usia, otak akan mengalami penurunan fungsi. Hal ini memicu terjadinya penyakit yang berkaitan dengan fungsi otak, seperti demensia dan alzheimer.

Risiko kedua kondisi tersebut ternyata bisa dicegah dengan minum kopi pahit. Ini karena kopi mengandung senyawa antioksidan dan antiradang yang dapat membantu mengurangi peradangan pada sel-sel otak.

Kopi pahit juga bisa membantu menurunkan gejala tremor atau gemetar pada pengidap penyakit parkinson.

2. Meningkatkan Fokus

Merasa bisa lebih fokus dan berkonsentrasi setelah minum kopi pahit? Kopi mengandung kafein, dan menurut sejumlah studi, kafein dalam kopi inilah yang bertanggung jawab dalam memengaruhi fungsi otak dan meningkatkan fokus.

Kafein dapat merangsang produksi hormon serotonin, dopamin, dan nonadrenalin. Ketiga hormon inilah yang dapat membuat seseorang menjadi lebih fokus, sehingga dapat berpikir dengan lebih efisien.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kopi pahit bisa menjadi salah satu minuman untuk membantu menurunkan berat badan. Kadar kafein dalam kopi dapat mengurangi rasa lapar.

Tak hanya itu, kafein juga memberikan energi yang sangat dibutuhkan oleh orang yang sedang menjalani diet. Sehingga, dengan mengosumsi kopi pahit dapat membantu seseorang yang sedang diet tetap memiliki energi untuk melakukan rutinitas sehari-hari.

4. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Sebelumnya sudah disebutkan kalau kopi pahit dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Sejumlah studi menunjukkan kandungan kafein dalam kopi dapat membantu menjaga kadar gula darah.

Ini karena kafein dapat meningkatkan kinerja sel beta dalam pankreas yang berfungsi untuk memproduksi hormon insulin guna mengatur kadar gula dalam darah.

5. Meningkatkan Performa saat Berolahraga

Bagi yang suka berolahraga di pagi hari, menyeruput kopi pahit sebelum berolahraga dapat meningkatkan performa dan efektivitas. Ini karena kopi pahit dapat meningkatkan kadar epinefrin dalam darah yang mempersiapkan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik yang intens.

Tak hanya itu, kopi pahit juga bisa memecah lemak yang disimpan dan melepaskannya ke dalam aliran darah dalam bentuk asam lemak bebas. Asam lemak bebas ini kemudian digunakan tubuh sebagai bahan bakar untuk melakukan aktivitas fisik yang berat.

6. Mengurangi Risiko Kanker

Beberapa penelitian menyebutkan mengonsumsi kopi pahit dapat mengurangi risiko penyakit kanker tertentu, seperti kanker payudara, hati, dan usus besar. Hal ini dikarenakan kopi mengandung senyawa antioksidan yang dapat mengurangi peradangan, yang mana menjadi salah satu faktor utama di balik berkembangnya sel kanker atau tumor.

7. Mengurangi Stres

Seperti yang sudah dijelaskan, kopi dapat merangsang produksi hormon serotonin, dopamin, dan nonadrenalin dalam tubuh. Selain meningkatkan fokus, ketiga hormon tersebut juga dapat membantu memperbaiki mood yang sedang jelek dan mengurangi stres.

8. Bisa Bikin Panjang Umur

Khasiat kopi pahit yang sangat menarik yakni dapat memperpanjang umur. Manfaat satu ini bahkan sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian.

Contohnya, sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 1.567 subjek menemukan minum kopi berkafein dapat menurunkan risiko kematian 12-18 tahun ke depan. Lebih lanjut, mengonsumsi satu cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit kanker.

About Author