UNIMMA Gelar Pelatihan Softskills & Keterampilan Profesional untuk Mahasiswa Menuju Kesuksesan Karir

SEMARANG (Harianterkini.id) – Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) mengambil langkah proaktif dalam mempersiapkan mahasiswanya untuk sukses di era modern melalui penyelenggaraan pelatihan berjudul “Mengasah Softskills dan Keterampilan Profesional untuk Sukses di Era Modern”. Acara tersebut dihadiri oleh kepala divisi, ketua program studi (prodi), kepala bagian, dan dosen UNIMMA, dan berlangsung pada Rabu (20/12) di Aula Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Kampus 2 UNIMMA.

Rektor UNIMMA, Dr. Lilik Andriyani, SE., MSI, menyampaikan bahwa pertemuan tersebut merupakan bagian dari upaya peningkatan kapasitas softskill dosen guna memberikan bimbingan yang lebih efektif kepada mahasiswa. Pelatihan ini bertujuan agar mahasiswa UNIMMA dapat sukses dan mempersiapkan diri sejak dini menghadapi tantangan di dunia industri.

Dr. Lilik menekankan bahwa pelatihan ini akan berlanjut secara berkelanjutan, dengan harapan dapat membangun hubungan erat antara dunia usaha dan dunia industri (dudika). Dia juga menyatakan bahwa pelatihan ini diharapkan membantu mahasiswa dalam menghadapi seleksi dan tantangan di dunia industri, seperti wawancara dan penulisan lamaran.

“Harapannya mahasiswa itu nanti lulus dari UNIMMA dan sebelum lulus pun bisa mampu mempersiapkan diri. Misalkan magang di industri mesti ada seleksi seperti wawancara dan seleksi macam-macam, nah harapannya dengan pelatihan ini bapak ibu dosen bisa membantu para mahasiswa untuk bisa bagaimana teknik wawancara, membuat lamaran, dan teknik lainnya yang berguna untuk masuk dalam industri,” jelasnya.

Pembicara utama pelatihan ini adalah Nurul Huda, S.Kom., M.Kom, Rektor Institut Teknologi Statistika dan Bisnis (ITESA) Muhammadiyah Semarang, yang memiliki pengalaman di industri Jepang selama 14 tahun. Materi yang dibawakan mencakup komunikasi efektif, kepemimpinan, keterampilan teknis industri, kerja sama tim, pengembangan profesional, etika kerja, pengetahuan industri, dan pengelolaan waktu.

Pelatihan ini diharapkan memberikan tambahan keterampilan dan pengetahuan kepada dosen UNIMMA agar dapat lebih efektif membimbing mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif. UNIMMA berkomitmen untuk menjadi lembaga pendidikan yang tidak hanya menyediakan pengetahuan akademis, tetapi juga membekali mahasiswa dengan keterampilan dan sikap profesional yang dibutuhkan di dunia kerja modern.

Dalam acara tersebut, NEXA, perusahaan Digital & Solution terkemuka di Semarang, memberikan dukungan melalui penyediaan internet untuk live streaming di akun sosial media dan penyiaran ITESA. Dukungan ini merupakan hasil dari produk NEXA yang beragam, mulai dari NEXAtel penyedia internet, IT Support, Infrastruktur Jaringan, NEXAapps pengembangan aplikasi dan software bisnis, NEXAdata colocation and hosting solution, hingga NEXAdigital yang menangani perencanaan media, broadcast email, SMS, Whatsapp, fotografi, videografi, identitas brand, desain grafis, dan periklanan. NEXAsolution juga hadir sebagai penyedia perangkat keras, desain & perencanaan ruang kontrol, dan infrastruktur data center. NEXAorganizer, bagian dari NEXA, bertanggung jawab untuk membuat dan melaksanakan berbagai ide kreatif untuk event online maupun offline.

About Author