Dekati Pemilu 2024, Nana Sudjana Pantau Kesiapan KPU Brebes

SEMARANG (Harianterkini.id) – Mendekati hari pemilihan, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana memonitor kesiapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes untuk menghadapi pesta demokrasi pada 14 Februari mendatang.

Bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Pj Bupati Brebes Iwanudin Iskandar, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Nana mengunjungi kantor KPU Brebes pada Kamis (25/1/2024) petang.

“Kami melihat kesiapan dari KPUD di Brebes, dan tadi sudah diberikan penjelasan kesiapan KPU Brebes mulai dari masalah logistik yang sudah masuk di KPU,” kata Nana, di kantor KPU Brebes.

Menurutnya, setelah pemantauan dan koordinasi dengan KPU Brebes, kesiapan mereka saat ini telah mencapai sekitar 90 persen. Diperkirakan dalam beberapa hari ke depan, kekurangan 10 persen akan teratasi.

Nana menambahkan bahwa kondisi logistik sudah baik dan sudah didistribusikan ke setiap kecamatan dengan lengkap, termasuk pengamanan seperti CCTV dan keamanan dari TNI/Polri.

“DPT kita juga cukup besar, karena memang Brebes mempunyai jumlah penduduk sekitar 2 juta (orang) lebih. DPT-nya 1,5 juta (orang),” tuturnya.

Adapun jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Brebes adalah 6.291 TPS. Nana menyatakan bahwa Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sudah siap dan telah dilantik, termasuk petugas Linmas yang akan bertugas di TPS.

“Jumlah Linmas kan kali dua jumlah TPS, sekitar 12.500 orang. Itu masih ada beberapa yang dalam tahapan pelatihan sebagai anggota Linmas,” terangnya.

Nana menyimpulkan bahwa koordinasi antara KPU dan pemerintah kabupaten berjalan lancar, dan mereka telah siap melayani masyarakat untuk melaksanakan pemilihan.

Nana juga mengajak masyarakat, termasuk KPU, untuk terlibat aktif dan bersama-sama menyukseskan pemilu. Ia menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah kabupaten, TNI-Polri, kejaksaan, dan instansi lainnya.

“Lakukan terus imbauan-imbauan, memberikan pelatihan ke masyarakat, supaya hari pencoblosan itu dia tahu apa yang harus dilakukan,” imbaunya.

Pj Gubernur menegaskan bahwa stabilitas politik dan keamanan akan dijaga, terutama menjelang hari pemilihan, mengingat situasi politik yang semakin panas.

“Jangan mudah terprovokasi, jangan percaya berita hoaks, cari sumber berita lain, tidak hanya percaya pada berita di media sosial. Apalagi seperti hatespeech di media sosial semakin ramai, tapi kita upayakan masyarakat tetap sejuk, damai,” tuturnya.

Ketua KPU Brebes, Manja Lestari Damanik, menyatakan bahwa kesiapan logistik dan pendistribusian saat ini telah mencapai sekitar 90 persen.

“Sudah ditetapkan (daerah rawan) di Kecamatan Bantarkawung, itu kita melewati hutan. Sama daerah Salem, itu harus mendaki. Kalau daerah sini (Brebes dekat pusat kota) rawan banjir mungkin kalau curah hujan (tinggi),” kata Manja.

About Author