Purwokerto Half Marathon Dibuka, Pendaftaran 1 April 2024

BANYUMAS (Harianterkini.id) – Setelah sukses menggelar Borobudur Marathon, akan ada acara serupa di tempat lain. Salah satunya adalah Purwokerto Half Marathon. Acara lari nasional ini akan dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2024, dengan tiga kategori yang tersedia, yaitu lari sejauh 21 kilometer atau setengah marathon, 10 kilometer, dan 5 kilometer.

Peluncuran acara olahraga ini, yang merupakan bagian dari rangkaian Jawa Tengah Sport Tourism Event 2024, berlangsung pada Sabtu (30/3/2024). Acara peluncuran dilakukan dengan melakukan lari marathon menyusuri Kota Purwokerto sejauh lima kilometer.

Deskart Sotyo Djatmiko, Sekretaris Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyumas, menyatakan bahwa menyelenggarakan acara berskala besar di wilayahnya memiliki pentingnya, karena dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Hotel akan penuh, kuliner akan semakin dikenal, dan pariwisata akan meningkat.

Dia berharap agar para pecinta lari tidak melewatkan acara tersebut. Panitia telah menyediakan layanan pendaftaran melalui situs web purwokertohm.run.

“Peserta individu dan regular bisa mulai mendaftar pada 3 April 2024, sementara untuk pendaftar kolektif dibuka pada 1-2 April 2024,” bebernya, di sela-sela peluncuran Purwokerto Half Marathon.

Singgih Rahmana, peserta dari komunitas Banyumas Runners, menyambut hangat acara tersebut. Menurutnya, para pelari telah lama mengidamkan kompetisi lari di Banyumas karena keindahan alamnya.

“Akhirnya Purwokerto dan Banyumas akan punya event lari besar berskala nasional. Ini adalah impian kami para pelari di sini, selama ini. Kami siap menyambut seluruh peserta dan bekerja sama dengan panitia, untuk menjadi tuan rumah yang baik,” ungkapnya.

Ronny Yuliananto, Race Director Purwokerto Half Marathon 2024, menyatakan bahwa pihaknya membatasi hanya 3.000 pelari yang dapat mengikuti kompetisi tersebut. Oleh karena itu, panitia menerapkan sistem pendaftaran, di mana yang mendaftar tercepat akan mendapatkan slot.

Ditambahkan bahwa rute Purwokerto Half Marathon memiliki karakteristik yang memungkinkan peserta untuk mencapai hasil waktu terbaik karena jalur yang relatif datar dan cuaca yang sejuk.

“Kenyamanan, keselamatan, dan kesehatan peserta, menjadi prioritas dalam penyelenggaraan. Sehingga, panitia akan mempersiapkan rute, fasilitas hidrasi di sepanjang rute, fasilitas kesehatan, dan sarana pendukung lain dengan baik,” jelasnya. (Humas Jateng)*ul

About Author