Kajati Jateng Ponco Hartanto Groundbreaking Gedung Cabjari Semarang

SEMARANG (Harianterkini.id) – Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah (Kejati Jateng) dan beberapa instansi terkait melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Kantor Cabang Kejaksaan Negeri Semarang.

Proyek ini merupakan bagian dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jawa Tengah Tahun Anggaran 2024.

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tegah (Kajati Jateng) Ponco Hartanto menyampaikan harapannya agar pembangunan ini dapat selesai tepat waktu dan dengan kualitas yang terjamin.

“Terkait pembangunan ini, harapan kami bisa cepat jadi, tepat waktu dan kualitas terjamin, karena ini untuk pelayanan publik,” ungkap Kajati Jateng, di Semarang, Rabu (10/7).

Selain itu, Ponco juga mengapresiasi adanya hibah tanah untuk pembangunan kantor cabang Kejaksaan Negeri Semarang.

“Alhamdulillah, puji syukur kita dapat hibah, sehingga di tengah permukiman kita mendapat hibah kantor cabang Kejaksaan Semarang. Ini dapat memberikan pelayanan publik lebih baik, masyarakat kan senang, bisa untuk meminta pendapat hukum. Jadi kejaksaan tidak hanya instansi penyidik atau penuntut umum,” tambahnya.

Ponco menekankan pentingnya pembangunan kantor cabang Kejaksaan Negeri Semarang ke lokasi yang baru untuk mendekatkan pelayanan hukum kepada masyarakat.

“Jadi masyarakat bisa memanfaatkan pelayanan hukum dari kantor cabang Kejaksaan Semarang ini, karena Alhamdulillah di tengah permukiman, bangunannya juga bagus. Harapannya masyarakat tidak segan-segan nanti minta pelayanan hukum kepada kejaksaan ini,” ujarnya.

Pembangunan kantor cabang ini diperkirakan menelan biaya sekitar 5,1 miliar dan ditargetkan selesai pada bulan Desember tahun ini.

“Anggarannya kurang lebih 5,1 miliar, targetnya Desember, dua lantai, dengan harapan bisa dilakukan untuk pelayanan publik,” jelas Ponco Hartanto.

Dengan luas mencapai 1.051,75 meter persegi, Ponco berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang telah membantu merealisasikan proyek ini.

“Terima kasih untuk pihak Pemprov yang telah membantu kami agar kami dapat melakukan pelayanan di bidang hukum. Masyarakat sekarang harus melek hukum, masyarakat harus kenal hukum dan jauhi hukuman,” tegasnya.

Senada dengan hal itu, Walikota Semarang, Havearita Gunaryanti Rahayu, turut menyampaikan dukungannya terhadap pembangunan Kantor Cabang Kejaksaan Negeri Semarang.

“Poinnya adalah sebagai bentuk pelayanan kejaksaan khususnya Kota Semarang. Karena untuk pelabuhan ini rob yang terjadi, seperti tadi yang sudah diungkapkan, cuaca sedang baik-baik, terjadi rob. Kami pun memberikan support sehingga memberikan kenyamanan dari kejaksaan dan warga yang akan datang,” ungkap Havearita.

About Author