KAI Daop 1 Jakarta Sosialisasikan Pelayanan Aman dan Nyaman untuk Penyandang Tuna Netra Saat di Stasiun dan di atas KA

JAKARTA (Harianterkini.id) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta terus meningkatkan pelayanan kepada seluruh pengguna jasa kereta api, termasuk penyandang disabilitas (difabel).
Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan mempromosikan pelayanan ramah difabel, KAI Daop 1 Jakarta mengadakan sosialisasi kepada para Front liner di wilayah Daop 1 Jakarta.
Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelayanan ramah difabel di transportasi umum, khususnya kereta api.
Dalam kegiatan ini, KAI Daop 1 Jakarta mempresentasikan berbagai fasilitas dan layanan yang telah disediakan untuk memudahkan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, khususnya penyandang Tuna Netra.
Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini meliputi cara memandu/menuntun penyandang Tuna Netra saat berada di stasiun kereta api dan akan naik KAJJ maupun KA Lokal / KRL.
“Ada cara dan gerakan-gerakan tertentu yang sudah dipatenkan, misalkan saat jalan lebar dan selanjutnya menyempit dan lain sebagainya, agar aman dan nyaman,” jelas Ixfan.
Kerja Sama dengan Komunitas Tuna Netra Nasional
KAI Daop 1 Jakarta juga telah menyiapkan video tutorial untuk materi sosialisasi untuk internal petugas dan bahkan dapat digunakan oleh masyarakat umum. Dalam kegiatan tersebut KAI Daop 1 Jakarta juga bekerjasama dengan Komunitas Tuna Netra Nasional (Komnetnas).
Fasilitas dan Layanan Ramah Difabel
Dalam rangka mendukung pelayanan Ramah Difabel, KAI juga telah menyediakan berbagai fasilitas pendukung yang ada di stasiun dan di atas KA, antara lain:
– Lift dan eskalator di stasiun-stasiun besar
– Fasilitas toilet ramah difabel
– Ruang tunggu khusus bagi penyandang disabilitas
– Layanan bantuan bagi penyandang disabilitas selama perjalanan
Komitmen KAI
“KAI Daop 1 Jakarta berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada seluruh pengguna jasa kereta api, termasuk penyandang disabilitas. Kami berharap kegiatan sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelayanan ramah difabel di transportasi umum,” kata Ixfan Hendriwintoko, Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta.
Informasi Lebih Lanjut
Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelayanan ramah difabel di KAI Daop 1 Jakarta, masyarakat dapat menghubungi layanan pelanggan KAI melalui Contact Center 121 atau mengunjungi situs web resmi KAI.