Erick Thohir Jadi Ketua PSSI, Berikut Pengalamanya di Dunia Sepak Bola

JAKARTA (Harianterkini.id) – Erick Thohir secara resmi terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Hal tersebut diumumkan melalui Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta Selatan, Kamis (16/2).

Dalam perolehan suara Erick Thohir mendapat suara terbanyak yakni 64 suara. Sedangkan pesaing terdekat, La Nyalla Matalitti meraih 22 suara dan dua kandidat lain, Doni Setiabudi dan Arif Putra Wicaksono tidak meraih suara.

Para pemilih terdiri dari 34 Asosiasi Provinsi, 18 dari Liga 1, 15 klub anggota Liga 2, 16 klub asal Liga 3, Federasi Futsal Indonesia, Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia dan Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia.

Menanggapi hak tersebut, Presiden RI, Joko Widodo mengatakan sangat berharap bahwa PSSI di era baru nanti bisa reformasi total sepakbola Indonesia.

“Pemerintah tidak ikut ikutan ke sana, sesuai statuta. Kita harapkan dengan ketua yang baru nanti, diharapkan reformasi total. Ini harapan baru kita,” papar Jokowi dalam siaran persnya.

Sementara, Erick Thohir usai dinyatakan sebagai Ketua Umum terpilih mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan.

“Terima kasih, terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Bismillah ya,” ungkap Erick berulang kali kepada para voters.

Usai terpilih, Erick Thohir langsung akan dihadapkan dengan event besar dimana sai Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada Mei-Juni mendatang.

Kiprah Erick Tohir di Dunia Olah Raga

Erick Thohir sudah tidak asing dengan dunia sepakbola bahkan cukup mentereng. Pria kelahiran Gunung Sugih, Lampung, 30 Mei 1970 itu pernah menjabat sebagai presiden Inter Milan dan mantan pemilik klub Amerika Serikat, DC United.

Dalam sepakbola dalam negeri, Erick Thohir pernah menjadi wakil komisaris Persib Bandung dan kini menjadi pemilik klub Liga 1, Persis Solo.

Ia juga punya pengalaman banyak di bidang olahraga lainnya antara lain :

  • Pernah tercatat memiliki saham klub basket NBA Philadelphia 76ers.
  • Menjadi pemilik klub basket Satria Muda Pertamina.
  • Sukses menggelar pesta sepakbola se-asia, Asian Games 2018 di Indonesia.

About Author