Pemko Pekan Baru Terima Tiga Sertifikat Aset dari BPN, Percepat Pendaftaran Tanah

PEKANBARU (Harianterkini.id) – Wali Kota Pekanbaru Mulfihun, terima tiga sertifikat aset Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, Kamis (16/2) sore.

Sertifikat diserahkan langsung oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Prosesi penyerahan berlangsung di Balai Pauh Janggi, Gedung Daerah, Jalan Diponegoro Pekanbaru. Pemerintah Kota Pekanbaru mendapat tiga aset yakni pemakaman umum, pustu alam raya dan Kantor Lurah Tangkerang Timur.

Hadi juga menyerahkan 47 sertifikat kepada masyarakat. Sertifikat ini melalui program konsolidasi tanah kepada masyarakat di Kota Pekanbaru.

Menteri pada kesempatan itu juga menyerahkan 18 sertifikat aset instansi. Ada di antaranya aset Pemerintah Provinsi Riau, aset Pemerintah Kota Pekanbaru, aset Kementerian Pertahanan dan aset Kepolisian RI.

“Kita berupaya mempercepat pendaftaran tanah di seluruh Indonesia, masih ada tanah yang belum terdaftar maupun belum bersertifikat. Ini harus kita tuntaskan bersama,” jelasnya dalam sambutan.

Hadi mengingatkan masyarakat agar menjaga tanahnya yang sudah bersertifikat dengan baik. Apalagi Kementrian ATR/ BPN kini menuju diigtalisasi.

Kementrian ATR BPN sedang melakukan percepatan agar seluruh daerah di nusantara menjadi kota lengkap. Artinya seluruh tanah sudah terdaftar sehingga secara spasial dan yuridis pun akurat.

Hadi mengajak masyarakat di Riau ikut mendukung percepatan sertifikasi terhadap 126 juta bidang tanah tahun 2025. Ia berharap nantinya sertfikasi bidang tanah ini bisa terealisasi.

Kehadiran Menteri ATR/BPN mendapat sambutan hangat oleh Walikota Pekanbaru Bapak Muflihun didampingi Kepala Dinas Pertanahan Kota Pekanbaru Bapak Dedi Gusriadi beserta jajaran Dinas Pertanahan Kota Pekanbaru.

Tampak hadir pula pada kegiatan ini, Gubernur Riau Bapak Syamsuar, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Setiawan, Komandan Resor Militer (Danrem) 031/Wirabima Brigjen Parlindungan Hutagalung, dan KaKanwil BPN Riau Asnawati serta kepala daerah se-Provinsi Riau.

About Author