Resmi! Presiden Jokowi Jadi Bapak Olahraga Indonesia

JAKARTA (Harianterkini.id) – Komite Olimpiade Indonesia (KOI) atau NOC Indonesia secara resmi nobatkan Bapak Olahraga Indonesia kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Predikat tersebut disampaikan oleh Presiden NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari dalam agenda Rapat Anggota dan Kongres Luar Biasa NOC Indonesia 2023 di Hotel Fairmont Senayan, Jakarta, Senin (6/3).

“Ini merupakan kesepakatan dari 64 anggota KOI yang terdiri dari berbagai cabang olahraga. Mereka menandatangani sebuah MoU dalam acara Rapat Anggota (RA) KOI ini,” katanya.

Menurut Okto, alasan di balik keputusan ini bahwa Presiden Jokowi memiliki rekam jejak yang luar biasa sejak memimpin Indonesia pada 2014 lalu. Dia telah memberikan dukungan kepada semua cabor yang ada sehingga dinilai pantas untuk disematkan sebagai Bapak Olahraga Indonesia.

“Dengan semua karyanya, dalam sejarah memberikan bonus terbesar dan kontribusinya sangat layak, dengan ini kami berikan predikat ‘Bapak Olahraga Indonesia’ kepada Presiden RI Bapak Joko Widodo,” urai Okto.

Selain itu, kata Okto, berbagai ajang olahraga internasional diselenggarakan di masa pemerintah Jokowi.

“Sejarah perjalanan kita sejak Pak Jokowi jadi presiden, ada Asian Games, Asian Para Games, World Beach Games, terus ada rencana tuan rumah Olimpiade 2036. Ada juga kejuaraan dunia basket, F1 Powerboat, MotoGP, kejuaraan dunia balap sepeda, Piala Dunia U-20. Itu mendapat dukungan Presiden langsung,” paparnya.

Lebih lanjut Okto menyatakan pihak NOC akan memberikan seremoni khusus dalam penyerahan predikat Bapak Olahraga Indonesia kepada Jokowi.

“Saya akan lapor dulu kepada Pak presiden. Kalau beliau berkenan, maka akan kami adakan acara formal pemberian predikat ini,” pungkas Okto.

About Author