Dukung Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung, PLN Selesaikan SUTT 150 kV Tegalluar Incomer

BANDUNG (Harianterkini.id) – PT PLN (Persero) berhasil menyelesaikan pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 kV (SUTT 150 kV) Tegalluar Incomer yang bertujuan melistriki traksi Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) di Tegalluar. Penyelesaian proyek ini ditandai dengan pemberian tegangan pertama (energize) di sisi #Line 1 SUTT 150 kV Tegalluar Incomer pada 28 Februari 2023 sedangkan sisi #Line 2 telah berhasil energize pada 3 November 2022 lalu.

Keberhasilan ini menjadi wujud dari komitmen PLN dalam mendukung penyelesaian proyek pembangunan KCJB yang dibangun oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Infrastruktur kelistrikan senilai Rp 130 Milyar tersebut akan menjadi bagian penting dalam beroperasinya transportasi canggih tersebut, khususnya terkait pasokan listrik yang ditargetkan rampung pada Juni 2023.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT), Djarot Hutabri EBS menuturkan bahwa saat ini PLN on the track dalam menyelesaikan target proyek-proyek yang berkaitan dengan suplai listrik KCJB. Dirinya juga menambahkan, bahwa upaya percepatan penyelesaian juga tetap dijalankan.

“Kami menyadari pentingnya proyek KCJB ini khususnya untuk meningkatkan efisiensi waktu tempuh antara Jakarta – Bandung. Kegiatan ini pastinya akan memiliki efek terhadap perkembangan dan penguatan ekonomi. Dalam waktu dekat ini juga traksi Walini dan traksi Karawang akan segera dirampungkan. Ini akan sangat bagus mengingat target penyelesaian sistem kelistrikan KCJB secara keseluruhan sudah semakin dekat,” pungkas Djarot

Djarot juga menjelaskan bahwa untuk menjamin keandalan pasokan listrik, traksi Tegalluar ini akan mendapatkan suplai kelistrikan dari 2 (dua) sisi yaitu dari Gardu Induk (GI) 150 kV Ujung Berung dan Gas Insulated Switchgear (GIS) 150 kV Gedebage. SUTT 150 kV ini meliputi 16 tower sepanjang 5,76 kilometer sirkit (kms) yang membentang di Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Sementara itu, dalam pembangunannya, proyek ini mampu menyerap tenaga lokal hingga 156 orang.

“Keberhasilan ini juga merupakan wujud dari kerja keras seluruh tim serta kolaborasi yang baik antara unit-unit PLN dengan seluruh stakeholder. Kami terus berupaya agar seluruh sistem kelistrikan mulai dari Jakarta hingga ke Bandung dapat selesai dengan baik sesuai target. Ini adalah komitmen kami,” tutup Djarot.

About Author