Mudik Lebaran Dishub dan BNN Bakal Cek Urine Sopir Bus dan Travel Terminal BRPS

PEKANBARU (Harianterkini.id) – Sopir bus di Terminal BRPS Pekanbaru bakal menjalani tes urine jelang arus mudik lebaran 2023. Tes urine bagi sopir bus itu dilakukan Dishub Pekanbaru bersama dengan Badan Nasional Narkotika (BNN).

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Yuliarso mengatakan, para sopir angkutan umum yang membawa penumpang pada mudik lebaran tahun 2023 bakal dilakukan tes urine terlebih dahulu. Hal itu dilakukan guna memastikan sopir bebas narkoba dan layak dalam membawa kendaraan.

Ia mengimbau agar dalam operasional berjalan sebagaimana mestinya untuk itu kepada pengusaha angkutan supaya lebih tertib dalam melayani pemudik. Pasalnya, para sopir sangat berperan penting dalam membawa penumpang dan barang.

“Hasil rapat kami dengan beberapa stakeholder, kami akan menggelar tes urine dalam rangka memastikan para pengemudi bebas dari narkoba. Jika terjadi human eror akibat narkoba, maka sopir akan membahayakan penumpang,”ujar Yuliarso. Rabu (12/4) di Pekanbaru.

Ia menuturkan, bagi sopir yang telah menjalani tes urine dan memiliki hasil negatif pada tes urine nanti maka mereka bisa membawa penumpang. Untuk itu akan dilakukan satu per satu sopir bus yang mengangkut pemudik bakal jalani tes urine.

Tes urine akan dilaksanakan di Terminal BRPS. Karena, angkutan orang terkonsentrasi di Terminal BRPS Pekanbaru. Selain itu pihaknya juga mengimbau kepada pemilik angkutan penumpang untuk melakukan uji KIR kendaraan travel maupun PO jelang lebaran ini.

Agar kendaraan yang digunakan dipastikan layak jalan dalam melayani pemudik. Bahkan, dalam rangka mudik lebaran ini, pihaknya sudah melakukan rapat berkoordinasi dengan Forum Lalu Lintas.

About Author