Cek Pos Pengamanan Lebaran Idul Fitri, Kapolda Riau: Jangan Duduk-duduk Saja di Pos Idul Fitri

PEKANBARU (Harianterkini.id) – Polda Riau menempatkan ribuan personel di Pos Pengamanan Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah. Polisi diminta untuk lebih detil menjalankan tugas pengamanan, termasuk pencegahan kejahatan dan kemacetan.

Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal mengigatkan agar anak buahnya tidak duduk-duduk saja di pos. Jika ketahuan, Iqbal tak segan-segan menindak tegas.

Hal itu disampaikan Iqbal saat meninjau arus mudik Idul Fitri 2023. Iqbal ingin memastikan arus lalu lintas dari arah Sumatera Utara menuju Pekanbaru lancar.

“Petugas jangan duduk-duduk saja di pospam. Kami akan selalu sidak, jika ditemukan ada petugas yang tidak bekerja, maka saya perintahkan bagian pengawasan untuk menindak tegas,” kata Iqbal kepada wartawan Selasa (18/4).

Iqbal meninjau Pos Pengamanan di Simpang Bingung. Iqbal dan pejabat Polda Riau lainnya datang untuk memastikan semua petugas siap untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya lihat pos persiapan ternyata sudah cukup siap. Tapi ada beberapa hal yang harus dikuasai Kapospam, harus detail,” jelas Iqbal.

Iqbal menegaskan ada dua hal yang harus diperhatikan oleh petugas. Dua hal itu mulai dari gangguan jalanan dan keamanan, ketertiban hingga kelancaran lalulintas.

“Pos pengamanan itu untuk memberikan pelayanan yang maksimal ke masyarakat.

Petugas harus sigap jika ada gangguan street crime (gangguan di jalan) dan gangguan lainnya. Kemudian Kanseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas) terjamin. Saya perintahkan teman-teman bertugas terlibat dalam Operasi Ketupat Lancang Kuning 2023 harus all out,” tegas Iqbal.

Iqbal juga mengingatkan, jika ada kemacetan di jalan, petugas kepolisian harus turun langsung ke lokasi. Polisi diminta untuk ikut mengintervensi pencegahan agar tak terjadi kecelakaan.

“Serta melakukan upaya kepolisian untuk melakukan patroli di rumah kosong yang ditinggal pemudik,” jelasnya.

Tak hanya itu, petugas juga siaga dan harus efektif dan produktif dalam bertugas. Iqbal tidak ingin ada pos, tetapi tidak produktif selama masa mudik lebaran.

Setelah memberikan pengarahan, istri Iqbal, Ketua Bhayangkari Nindya Iqbal dan jajaran memberikan bantuan pada petugas yang berjaga. Termasuk meninjau arus dari arah Sumatera Barat dan Sumatera Utara di Simpang Empat Jalan Garuda Sakti Kota Pekanbaru.

Di tempat yang sama, Direktur Lalulintas Polda Riau Kombes Dwi Nur Setiawan menyebutkan, pada mudik lebaran kali ini ada 61 posko lebaran. Dari jumlah itu, di antaranya ada 35 pos pengamanan dan 22 pos pelayanan serta 4 pos terpadu.

“Untuk totalnya ada 61 pos, rinciannya terdiri dari 35 pos pengamanan 22 pos pelayanan dan 4 pos terpadu. Jadi mulai hari ini pos mulai berfungsi,” ucap Dwi.

About Author