PLN UIP JBT Berhasil Legalkan Aset Lahan Seluas 103,9 Hektar

JAKARTA (Harianterkini.id) – PT PLN (Persero) terus menjalin sinergisitas dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (Kementerian ATR/BPN) Kantor Wilayah (Kanwil) ATR/BPN Jawa Barat serta Kanwil ATR/BPN Jawa Tengah. Melalui kegiatan Monitoring dan Evaluasi PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT) berhasil mengamankan 103,9 Ha aset tanah kepemilikan PLN. Pencapaian ini ditandai dengan serah terima 31 sertifikat dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) kepada PLN.

General Manager PLN UIP JBT, Djarot Hutabri EBS menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan inisiasi PLN sebagai upaya mengakselerasi percepatan sertifikasi aset strategis yang ada di kedua provinsi tersebut.

“Aset-aset PLN juga merupakan aset negara sehingga kami akan terus berupaya penuh melalui sinergi serta kolaborasi dengan BPN untuk melegalkan aset-aset lahan kepemilikan PLN dengan proses sertifikasi,” terang Djarot.

Hadir bersama unit PLN lainnya, PLN UIP JBT berhasil memperoleh 22 sertifikat lahan dengan total luasan 1.031.603 m2 dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi (monev) bersama Kanwil ATR/BPN Jawa Barat. Adapun 22 sertifikat tersebut 13 diantaranya diserahkan oleh BPN Kabupaten Indramayu, 5 sertifikat diserahkan oleh BPN Kabupaten Cirebon serta 4 sertifikat diserahkan oleh BPN Kabupaten Purwakarta.

Sementara itu, pada hari yang berbeda, PLN UIP JBT juga berhasil mengamankan 9 sertifikat lahan dengan total luasan 8.326 m2 dari kegiatan monev dengan Kanwil ATR/BPN Jawa Tengah. Sejumlah 7 sertifikat diserahkan oleh BPN Kabupaten Cilacap dan sisanya masing-masing berasal dari BPN Kabupaten Boyolali serta BPN Kabupaten Jepara.

“Kami di PLN senantiasa melakukan transformasi, inovasi serta efisiensi di berbagai aspek yang mana salah satunya adalah mempercepat pensertifikatan seluruh aset-aset lahan kepemilikan PLN,” lanjut Djarot.

Djarot juga menyampaikan apresiasinya kepada ATR/BPN Jawa Barat dan ATR/BPN Jawa Tengah yang turut membantu dalam percepatan sertifikasi aset PLN.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada ATR/BPN Jawa Barat dan juga ATR/BPN Jawa Tengah yang terus membantu kami baik di lapangan maupun pada saat administrasi, mari kira bersama-sama bersinergi mencapai suatu tujuan yang lebih baik serta membangun Indonesia yang bersih dan amanah,” tutup Djarot.

About Author