Bukit Tangkeban Pemalang: Wisata Terbaik di Lereng Gunung Slamet

PEMALANG (Harianterkini.id) – Selain garis pantai yang menjorok langsung ke Laut Jawa, Kabupaten Pemalang juga dianugerahi dengan kemegahan Gunung Slamet.

Bukit Tangkeban yang terletak di Desa Nyalembeng Kecamatan Pulosari berada di lereng gunung tersebut.

Berada di dataran tinggi dan tepat di bawah menjulangnya Gunung Slamet, Bukit Tangkeban menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Pemalang yang menawarkan pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Kurang lengkap rasanya jika ke Pemalang tidak main ke Bukit Tangkeban ini, ada banyak wahana wisata yang dapat dinikmati di wisata Bukit Tangkeban.

Taman Langit

Taman langit menjadi salah satu destinasi favorit pengunjung semua kalangan baik anak-anak, kaum muda, kaum pelajar hingga orang dewasa. Siapapun dapat menikmati aneka wahana yang ada di Taman Langit. Untuk dapat masuk ke Taman Langit, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000. Di sini banyak sekali terdapat spot foto-foto keren, yaitu:

– Jembatan Kaca
Jembatan kaca ini merupakan spot foto dengan latar belakang Gunung Slamet yang berdiri megah. Nikmati spot ini saat cuaca cerah dan latar belakang Gunung Slamet dapat terlihat jelas. Bagi pengunjung yang suka ala Korea atau Jepang, di sini juga disediakan penyewaan baju-baju korea serta spot foto ala Korea.

– Sirkuit ATV
Di Bukit Tangkeban ini tersedia juga area ATV dengan panjang sirkuit sekitar 60 m. Kita dapat menikmati ATV ini dengan tiket terpisah.

Tangkeban Park

Di sini terdapat kolam renang dan arena bermain anak. Tangkeban Park dikhususkan untuk anak-anak. Di area Tangkeban Park juga ada beberapa fasilitas penunjang, antara lain:

– Area Camp
Sejak dibuka pada tahun 2017 lalu, Bukit Tangkeban memang menjadi salah satu lokasi favorit untuk nge-camp. Saat ini sudah disediakan lahan yang sangat luas untuk ngecamp dengan kapasitas 150 tenda.

– Homestay
Selain nge-camp, di Bukit Tangkeban juga disediakan home stay untuk menginap. Ada tiga home stay dengan kapasitas masing-masing homestay dapat menampung 5 orang. Homestay ini terdapat di dekat area nge-camp.

– AR Café
Selain untuk berfoto, nge-camp, bermain ATV atau bermain di Tangkeban Park, kita juga bisa menikmati kopi dan aneka makanan di sudut kafe, AR Cafe. Kafenya lumayan luas dan memiliki kapasitas yang besar. Ada dalam ruangan, dan luar ruangan.

Di sebelah timur bahkan lokasi untuk nongkrongnya pun keren dengan pemandangan bukit. Buat yang mau ada acara kantor bisa juga gunakan aula khusus dengan view indah pemandangan sekitar

– Sirkuit Muntil
Sekarang ini dibuka Sirkuit Muntil. Sirkuit ini untuk ajang ketangkasan offroader. Dengan panjang kurang lebih 200 meter.

Fasilitas 

Di samping wahana-wahana di atas, destinasi wisata Bukit Tangkeban juga menyediakan beberapa fasilitas, seperti secretariat, toilet (dua blok di area parkir dan area camping), lahan parkir (3 lokasi yaitu bagian bawah, dan dua bagian atas untuk mobil dan motor), mushola (2 lokasi di samping area parkir mobil dan di Taman Langit), aula, kios makanan dan minuman (ada 12 kios).

About Author