Songsong Hari Anak Nasional, Ratusan Siswa “Flash Mob” Suarakan “Jo Kawin Bocah”

SRAGEN (Harianterkini.id) – Dalam ragka menyongsong Hari Anak Nasional ke-39 tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Sragen menggelar Flash Mob, di Alun-Alun Sragen, Minggu (16/7/2023) pagi.

Kegiatan penuh keceriaan dengan menari dan menyanyi yang diikuti 430 siswa-siswi SMP dan SMA/SMK Kabupaten Sragen itu, sekaligus untuk lebih mengenalkan program Jo Kawin Bocah.

Kemeriahan terlihat pada pagelaran yang dipadukan dengan Konser Gempur Rokok Ilegal. Di tempat itu, terdapat stand yang berisi permainan tradional anak seperti gundu, congklak, bekel, lompat tali, dan gangsingan. Ada mini riset Cerdas Bermedia Sosial, Pohon Harapan Anak Sragen, Suara Anak Sragen, ada pula Suara Anak Sragen tentang kekerasan berbasis online.

Selain itu, pengunjung bisa mengikuti permainan ular tangga yang mengedukasi Kekerasan Berbasis Gender Eksploitasi dan Pelecehan Seksual Anak Online (KBG OCSEA/ Online Chilld Sexual Eksploitation and Abuse). Ada juga inovasi Program Jogo Konco bersama Forum Anak, melalui aplikasi website berisi sharing anak yang mengalami permasalahan keseharian, seperti pendidikan, kesehatan, sosial budaya, sampai perundungan (bullying).

Dalam sambutannya, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati memberikan apresiasi kepada anak-anak muda Sragen, yang semangat mendukung kampanye Jo Kawin Bocah. Dia mengingatkan generasi muda Sragen agar menjauhi tiga hal, yaitu tidak boleh memakai narkoba, tidak melakukan seks bebas, dan tidak menikah sebelum usianya matang.

“Anak-anak Sragen memang hebat dan luar biasa, yang tidak memakai narkoba. Anak-anak Sragen itu anak-anak yang akan menikah jika usianya sudah cukup, dan menikah pada usia diatas 22 tahun (untuk perempuan). Yang laki-laki menikah setelah usia 25 tahun. Labih baik lagi, menikah setelah memliki semuanya, seperti mobil pribadi, atau rumah pribadi. Anak-anak Sragen yang tidak melakukan hubungan sebelum menikah,” beber Yuni, sapaan bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati Yuni memberikan penghargaan berupa Tabungan Pendidikan, bagi siswa berprestasi skala provinsi, nasional, dan internasional. Masing-masing mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp500 ribu.

Berikut daftar anak berprestasi yang mendapatkan penghargaan berupa tabungan Pendidikan dari Pemerintah Kabupaten Sragen dalam rangka menyonsong Hari Anak Nasional ke-39 tahun 2023 :
• Azzahra Jala Cakra SMP Negeri 6 Sragen Juara II POPDA Cabang Panahan
• Muhammad Hafid Amrullah SMP Negeri 2 Ngrampal Juara II POPDA Cabang Tinju
• Muklis Dibyo Waspodo SMP negeri 2 Ngrampal Juara III POPDA Cabang Tinju
• Remawuri Andanti SMP Negeri 4 Sragen Juara III POPDA Cabang Tinju
• Nafa Putri Khaishara SMP Negeri 2 Gemolong Juara III POPDA Cabang Panahan
• Phriscila Julia Eveline SMP Negeri 5 Sragen Juara I POPDA Cabang Renang
• Fatimah Azzahra SMP Baitul Qur’an Sambirejo Medali Perunggu Thailand Intenational Mathematic Olimpic
• Muhammad Hanif Haryoso SMP Baitul Qur’an Medali Perunggu Thailand International Mathematic Olimpic
• Felyshita Aurelia krisna SMP Negeri 4 Sragen Medali Emas National English Competition
• Jane Aquila Balqis SMP Darul Ihsan Muhammdiyah Sragen Medali Perunggu Hongkong International Mathematic Olimpic
• Hamid Farzan Nurizna SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen Medali Perak Jongkong International Mathematic Olimpic

About Author