HUT TNI ke 78, Ferry Wawan Cahyono Apresiasi Peran TNI dalam Melestarikan Budaya Wayang Kulit

BANJARNEGARA (Harianterkini.id) – Bersatu dalam semangat nasionalisme dengan pageralan wayang kulit yang spektakuler.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono dalam kegiatan kebudayaan wayang kulit sekaligus menjadi momentum peringatan HUT TNI ke 78 tahun 2023, di lapangan Makorem 071 Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah.

Melibatkan 4 dalang Wayang Kulit ternama, yakni Ki Gandhik Wayah Soegini, Ki Jalu Pamungkas, Ki Luluk Ardiyanto dan Ki Ihsan Wahyu Rahmadhan.

Ferry memberikan ucapan selamat HUT TNI ke 78 dan apresiasi kepada seluruh jajaran TNI dalam melestarikan kekayaan budaya Indonesia, terutama seni wayang kulit.

” Dengan pertunjukan wayang kulit ini, saya memberikan apresiasi kepada TNI atas kontribusinya dalam melestarikan budaya Indonesia dan menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat serta dekatkan diri kepada masyarakat dengan Wayang Kulit,” ujar Ferry.

Selama acara, Ferry juga menerima penghargaan dari Korem 071 Wijayakusuma sebagai tanda penghargaan berupa cinderamata.

Selanjutnya, Danrem 071 Wijayakusuma, Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam melestarikan budaya dan seni serta memperkuat hubungan antara TNI dan masyarakat.

” Kita mengajak seluruh masyarakat, bahkan kita juga harus selalu dekat dengan masyarakat, sehingga apa yang akan kita sampaikan, bisa di terima oleh masyarakat,” ungkap Andhy.

Andhy menjelaskan pageralan wayang kulit ini tidak hanya dilaksanakan di satu wilayah saja melainkan juga ada di empat titik pagelaran wayang di wilayah Korem 071 Wijayakusuma, seperti Cilacap, Pemalang dan batang.

Selain pertunjukan wayang, Korem 071 Wijayakusuma juga menggandeng pelaku UMKM untuk membuka stan dan mempromosikan produk mereka. Acara ini mendapat sambutan positif dari pengunjung yang hadir.

Penting untuk dicatat bahwa perayaan HUT TNI ke-78 tahun 2023 ini mengadakan pertunjukan wayang kulit serentak di 75 lokasi di seluruh Indonesia dan tiga lokasi di luar negeri, menciptakan momen bersejarah dalam sejarah pertunjukan wayang kulit dan perayaan HUT TNI.

About Author