Tidak Banyak Orang Tau, Desa Wisata Cepogo Boyolali Penghasil Kerajinan Kuningan Kualitas Ekspor

BOYOLALI (Harianterkini.id) – Kabupaten Boyolali dikenal sebagai kota penghasil susu. Kabupaten yang berada di sisi timur lereng Gunung Merapi dan Merbabu ini memiliki banyak Desa Wisata menarik untuk dikunjungi. Salah satunya ialah Desa Wisata Cepogo di Kecamatan Cepogo.

Desa Wisata Cepogo terletak 16 km arah barat daya dari pusat kota Boyolali. Waktu yang diperlukan untuk mencapai desa ini sekitar 30 menit dengan kendaraan pribadi. Akses menuju Desa Cepogo melalui jalan berliku dengan kondisi baik dan sudah beraspal.

Setelah tiba di Pasar Cepogo, terus mengikuti jalan arah ke Selo sekitar 1 km, kemudian ada café Coger Merapi di sebelah kanan jalan. Maju sedikit ada tikungan bercabang, pilih jalur ke kanan dan terdapat gapura bertuliskan Wisata Desa Cepogo. Ikuti papan penunjuk jalan yang tersedia.

Dikutip dari cepogo-boyolali.desa.id, Desa Cepogo terdiri dari 16 Dukuh. Sejarah Desa Cepogo tidak terlepas dari Dukuh Tumang sebagai pusat pemerintahan desa.  Nama Dukuh Tumang merupakan lokasi industri kerajinan logam yang dikenal di masyarakat baik dalam negeri maupun luar negeri dibanding nama Cepogo.

Keahlian masyarakat Tumang dalam membuat kerajinan logam telah ada sejak ratusan tahun lalu. Dalam perkembangannya, pengrajin kerajinan logam dapat dijumpai di seluruh wilayah Desa Cepogo.

Kerajinan logam Desa Cepogo berbahan utama tembaga dan kuningan. Jenisnya pun sangat beragam, ada lampu gantung, hiasan dinding, perabot rumah tangga, kaligrafi, dan lain-lain. Pelanggan bisa memilih produk ready stock atau make to order.

Pembuatan kerajinan logam melalui beberapa tahap, mulai dari membuat sketsa, njabung (membuat alas), memahat/ mengukir logam, pembentukan, hingga finishing.

Jika ingin melihat langsung proses pembuatannya, pengunjung dapat mendatangi pengrajin yang memiliki showroom dan workshop dalam satu lokasi. Salah satunya ialah Pande Tembaga di Dukuh Kupo yang juga lokasi Sekretariat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pogo Wijaya.

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk, agendakan berkunjung ke Desa Wisata Cepogo di Kabupaten Boyolali.

About Author