Ferry Wawan Cahyono: Kita Perlu Kembangkan Pariwisata Berkelanjutan yang Perhatikan Kelestarian Budaya & Lingkungan

SEMARANG (Harianterkini.id) – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah, Ferry Wawan Cahyono, menyoroti pentingnya budaya dalam menggerakkan sektor pariwisata.

Ferry menekankan bahwa kekayaan budaya yang dimiliki Jawa Tengah tidak hanya menjadi aset lokal, tetapi juga magnet besar bagi pariwisata di wilayah Jawa Tengah.

Menurutnya, Jawa Tengah dianugerahi dengan keberagaman budaya yang kaya, mulai dari tradisi wayang kulit, tari-tarian Jawa, hingga beragam ritual keagamaan yang masih dilestarikan dengan baik oleh masyarakat setempat.

“Budaya Jawa Tengah memiliki daya tarik yang kuat bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Ini adalah modal besar yang harus dioptimalkan untuk mengembangkan sektor pariwisata kita,” ungkap Ferry yang juga Caleg DPRD Jateng Dapil X meliputi Kabupaten Banjarnegara, Purbslingga dan Kebumen.

Ferry menambahkan bahwa budaya bukan hanya tentang kesenian atau tradisi, tetapi juga melibatkan aspek kehidupan sehari-hari masyarakat, termasuk kuliner, kerajinan tangan, dan festival budaya yang diadakan secara rutin di berbagai daerah di Jawa Tengah.

” Ketika wisatawan berkunjung, mereka tidak hanya mencari tempat-tempat wisata populer, tetapi juga pengalaman yang mendalam tentang kebudayaan lokal. Inilah yang akan meningkatkan kunjungan wisata dan menggerakkan perekonomian di daerah kita,” jelasnya.

Budaya untuk Generasi Mendatang

Selain itu, Ferry juga menyoroti pentingnya perlindungan dan pelestarian warisan budaya agar tetap lestari untuk generasi mendatang.

“Kita harus menjaga keaslian budaya kita, menghindari komersialisasi yang berlebihan yang dapat mengaburkan nilai-nilai budaya yang sebenarnya. Sebaliknya, kita perlu mengembangkan pariwisata berkelanjutan yang memperhatikan kelestarian budaya dan lingkungan,” tegasnya.

Dalam upayanya menguatkan sektor pariwisata, Ferry berharap adanya sinergi antara pemerintah daerah, stakeholder pariwisata, dan masyarakat untuk bersama-sama mengembangkan potensi pariwisata Jawa Tengah dengan memanfaatkan kekayaan budaya yang dimiliki.

“Dengan kerjasama yang baik, saya yakin pariwisata Jawa Tengah dapat menjadi salah satu primadona wisata di Indonesia dan memberikan kontribusi besar bagi pembangunan ekonomi daerah,” pungkasnya.

Ferry menggarisbawahi untuk memandang budaya sebagai pendorong utama dalam mengembangkan sektor pariwisata, sambil tetap memperhatikan aspek keberlanjutan dan pelestarian warisan budaya untuk kepentingan generasi mendatang.

About Author