Menkopolhukam Ajak Semua Pihak Hargai Proses Politik Pemilu 2024

JAKARTA (Harianterkini.id) – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto mengajak semua pihak untuk menghargai proses politik yang terjadi saat ini setelah Pemilu 2024 berlangsung.

Menkopolhukam menilai tidak ada intervensi dalam pemilu. Jika saat ini ada proses persidangan di Mahkamah Konstitusi, itu adalah bagian dari mekanisme politik.

“Itu mekanisme politik. Kita ikuti saja dan harus hargai semua proses dan dinamika politik yang ada,” ujar Menko Hadi melalui siaran pers, Kamis (28/3).

Selain itu, Menko Hadi menyebut situasi keamanan seluruhnya terkendali. Pihaknya sudah koordinasi dengan seluruh jajaran yang ada, baik dengan TNI, Polri hingga BIN.

“Kami sudah koordinasi dengan seluruh jajaran TNI, Polri, dengan BIN untuk menjaga proses demokrasi yang saat ini sedang berjalan dan prosesnya saat ini di Mahkamah Konstitusi (MK),” tegas Menko Hadi.

Sebagai informasi, rangkaian sidang perkara atau Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 telah dimulai pada Rabu (27/3) di Mahkamah Konstitusi.

Adapun pihak yang menjadi pemohon adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Prabowo-Mahfud MD.

About Author