Jelang Ramadhan Harga Sembako di Pekanbaru Stabil, Bawang Putih Naik

PEKANBARU (Harianterkini.id) – Harga bahan pangan di pasaran Kota Pekanbaru cendrung stabil satu pekan jelang Ramadan 1444 H. Namun ada satu bahan pangan yang mengalami kenaikan harga yakni bawang putih.

Kepala Dinas Perindustrian dan Pedagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin, mengakui bahwa harga bahan pangan masih stabil jelang Ramadan. Namun ia menyadari bahwa banyak pasokan bahan pangan datang dari luar Kota Pekanbaru.

Zulhelmi mengakui bahwa Kota Pekanbaru bukan daerah penghasil. Ia mencontohkan kebutuhan cabai merah saja di Pekanbaru mencapai 20 ton per hari.

“Sementara kemampuan kita untuk menyediakan dari dalam sendiri itu tidak cukup,” paparnya.

Pasokan cabai merah di Pekanbaru hanya bisa memenuhi sepuluh persen kebutuhan cabai merah. Pasokan cabai merah lainnya dari sejumlah daerah seperti Aceh, Sumatera Barat dan Medan.

Apabila ada kendala seperti gagal panen tentu membuat harga di pasaran jadi melonjak. Pihaknya sudah melakukan langkah antisipasi sebanyak lima komoditas yang bergejolak jelang Ramadhan.

Komoditas tersebut yakni cabai, bawang, ayam, telur dan daging sapi. Kelima komoditi ini bakal menjadi perhatian dalam menjaga gejolak harga bahan pangan dan ketersediaan bahan pangan tersebut.

Pada akhir Ramadan nanti bakal naik harga tepung terigu dan mentega. Kenaikan harga bahan pangan ini terjadi karena permintaan masyarakat tingga ketika hendak membuat kue lebaran.

Pihaknya dari dinas bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Pekanbaru bakal menjaga ketersediaan bahan pokok dan kestabilan harga. Disperindag Kota Pekanbaru secara rutin dua kali sepekan mengawasi harga bahan pokok.

About Author