Bantu Usaha Masyarakat di Kelurahan Pandean Lamper Semarang, Mahasiswa Ilkom USM Beri Edukasi Digital Marketing

SEMARANG (Harianterkini.id) – Mahasiswa Universitas Semarang (USM) Program Studi Ilmu Komunikasi mengadakan workshop terkait digital marketing dengan kelompok sasaran masyarakat di kelurahan Pandean Lamper, Semarang, Rabu (10/5).

Kelompok mahasiswa ini terdiri atas Suparti, Bintari Wilda, Rizky Cahya, Timotius, Ajeng Kusuma dan M. Arif.

Diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, kegiatan ini mengusung tema ‘Pelatihan pengelolaan Digital marketing guna optimalisasi promosi dan penjualan pada komunitas UMKM Pandean Lamper Semarang’.

Salah satu Mahasiswa USM, Suparti mengatakan Sosialisasi ini diadakan karena masih minimnya pengetahuan masyarakat terhadap Digital Marketing.

Baca Juga:  Pecinan Semarang Mulai Pancarkan Kilauan Lampion

“Dibekali ilmu dari kampus kami ingin bersama-sama menularkan kepada banyak masyarakat pentingnya Digital Marketing untuk mendongkrak pasar yang lebih luas,” ujar Suparti.

Selain itu, dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan potensi di kelurahan Pandean Lamper, Semarang.

Kegiatan ini menghadirkan Owner Sky Production yang juga sebagai mahasiswa Ilkom USM, Bintari Wilda.

Menurut Bintari dengan adanya Digital Marketing masyarakat bisa memperoleh banyak manfaat serta menjangkau pasar yang lebih luas.

“Banyak manfaat yang ada di Digital Marketing contohnya tidak mengeluarkan biaya yang besar serta pembeli dapat mencari barang yang kita pasarkan dengan mudah,” kata Bintari.

Baca Juga:  Varietas Padi Biosalin Siap Pindah Tanam, Jadi Upaya Tingkatkan Ketahanan Pangan Kota Semarang

Sosial Media Strategy

Selain Digital Marketing para kelompok mahasiswa USM juga memberikan pelatihan Sosial Media Strategy, hal ini menjadi pondasi yang baik dalam memulai berbisnis.

Menggunakan sosial media untuk mempromosikan suatu produk atau jasa merupakan pilihan yang tepat, dengan menggunakan media sosial sebagai platform bagi pelaku usaha tidak membutuhkan modal dan tenaga yang besar.

Tetapi sebagai pelaku usaha tetap harus merencanakan sosial media strategy yang tepat dan efektif untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Baca Juga:  Ramadan Festive KAI, Hadirkan 38.000 Tiket dengan Potongan Harga Khusus!

Seperti yang disampaikan oleh, Rizky Cahya dalam memberikan materinya ia mengatakan, efek dari pelaku usaha yang konsisten dalam memasarkan produk ke sosial media akan mendapatkan respon yang baik.

“Perlunya konsistensi dalam memasarkan dengan platform sosial media akan memberikan dampak yang besar terhadap produk yang kita tawarkan,” tandasnya.

Terakhir, dengan adanya sosial media strategy dapat meningkat brand awareness, memudahkan penjualan sehingga bisa mendapatkan target pasar yang sesuai serta mendapatkan feedback dari produk yang sudah dijual.

Bagikan: